RADAR JOGJA –¬† Terpilih secara aklamasi sebagai ketua Forum Nasional Politeknik Pertanian, Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa) Dr Rajiman MP langsung tancap gas dalam upaya mencetak petani milenial.

Lewat forum tersebut Rajiman bertekad membangun sumber daya manusia (SDM) pertanian sebanyak mungkin. Demi mewujudkan pertanian Indonesia yang maju, mandiri, dan modern.

Langkah tersebut diawali dengan pertemuan seluruh penyelenggara politeknik pembangunan pertanian se-Indonesia di Mataram, Nusa Tenggara Barat pada 26 Februari lalu.

Forum membahas¬† harapan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk membangun polbangtan di setiap provinsi se-Indonesia. “Untuk menciptakan lulusan-lulusan terbaik yang siap bekerja dan membangun di provinsi masing-masing,” ujar Rajiman.

(Polbangtan YoMa for Radar Jogja)

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) Idha Widi Arsanti mengungkapkan, menteri pertanian selalu menekankan pentingnya peran polbangtan sebagai salah satu motor penggerak pembangunan pertanian nasional. Untuk menghasilkan petani terdidik.

Atas dasar hal tersebut Pusdiktan¬† membentuk Forum Nasional Politeknik Pertanian. Guna mewujudkan tujuan tersebut. “Pusdiktan akan bekerja sama dengan politeknik di bawah koordinasi Kemendikbud, yang akan sinergi dalam Forum Politeknik,” jelasnya.

Dalam forum tersebut sekaligus dibahas program jangka pendek 2020. Serta program jangka menengah dan panjang hingga 2024. (*/yog/tif)

Pendidikan