RADAR JOGJA – Peran alumni menjadi sangat penting dalam setiap kegiatan OSL yang berlangsung di luar daerah. Alumni yang bergabung dalam Ikatan Alumni Akademi Maritim Yogyakarta (IKAMY) terus berupaya membantu untuk kelancaran program OSL.

Seperti mengatur segala persiapan, menentukan lokasi kunjungan, dsb. IKAMY Jawa Timur sendiri beranggotakan kurang lebih 250 orang yang tersebar di sejumlah wilayah, termasuk di Surabaya.

“IKAMY tersebar di setiap daerah dan terbentuk dalam organisasi cabang. Untuk keberlangsungan kegiatan OSL di Surabaya ini STIMARYO melibatkan IKAMY Cabang Jawa Timur, anggotanya memang banyak yang tinggal dan bekerja di Surabaya,” ujar Ketua IKAMY Cabang Jawa Timur Hendra Seprianto.

Hendra mengatakan, selain mengurus kegiatan mereka juga bertemu sapa dengan taruna-taruni perserta OSL dalam acara Temu Alumni.

Selain menjalin persaudaraan, acara ini juga ajang untuk berbagi pengalaman dan ilmu yang mereka dapatkan setelah lulus dari STIMARYO, terutama pengalaman kerja di pelabuhan dan pelayaran kepada taruna-taruni.

“Adik-adik ini nantinya akan melakukan prakter kerja lapangan sebagai syarat kelulusan, kami sebagai alumni terus membantu dalam memberikan informasi praktek kerja, memberikan bimbingan, dll. Kami berharap kesempatan dalam kegiatan OSL ini benar-benar dimanfaatkan karena apa yang mereka dapatkan di kampus sangat berbeda ketika bekerja langsung di lapangan sehingga taruna-taruni harus terus belajar,” jelas pria yang bekerja di PT Jatim Perkasa Lines tersebut.

Ketua Umum IKAMY Pusat Jogjakarta Jajang Sukendar yang hadir dalam kesempatan tersebut juga mengatakan hal yang sama. Peran alumni ini memang sangat membantu pada masa taruna-taruni akan melakukan praktek kerja lapangan.

Tidak hanya menerima untuk lokasi praktek di tempat alumi bekerja, taruna-taruni juga terus didampingi dan diberikan bekal agar hasil prakter sesuai dengan harapan dan tujuannya.

“Dalam kegiatan ini kami dapat memberikan sedikit gambaran peluang pekerjaan, persiapan apa saja yang harus dilakukan untuk taruna-taruni sendiri, juga memberikan mereka motivasi,” kata Jajang.

Sundarti alumni AMY tahun 2004 menambahkan, perusahaan-perusahaan tempat alumni bekerja saat ini masih membutuhkan lulusan-lulusan STIMARYO.

Perusahaan-Perusahaan ini juga telah menjalin kerjasama untuk menerima praktek kerja baik di pelabuhan maupun di kapal. Sundarti sendiri menjabat sebagai Manager Crewing PT Isa Lines.

“Taruna-taruni nantinya akan praktek kerja selama satu di perusahaan kami kemudian kembali ke kampus mengurus ijasah profesinya baru bisa kembali ke kapal sebagai officer,” ungkapnya.

Berikut adalah perusahaan-perusahaan yang baru saja menandatangi penjanjian kerjasama, antara lain PT. Buana Lintas Samudera (PT. BULL) bidang pelaksanaan Praktek Kerja untuk Prodi MTL, PT. Isa Lines bidang pelaksanaan Praktek Berlayar untuk Prodi Permesinan Kapal dan Prodi Studi Nautika.

Lalu ada PT. Jatim Perkasa Salvage bidang pelaksanaan PK dan Prala untuk Prodi MTL, Prodi Permesinan Kapal, dan Prodi Studi Nautika, serta PT. Jatim Perkasa Lines bidang pelaksanaan PK dan Prala untuk Prodi MTL, Prodi Permesinan Kapal, dan Prodi Studi Nautika. (ita)

Pendidikan