RADAR JOGJA – Kompetisi mengeja kosakata bahasa Inggris yang diinisiasi English First (EF) Jogjakarta sukses digelar di Jambuluwuk Malioboro Hotel Minggu (17/11). Spelling Bee Competition 2019 Regional Jogjakarta tahun ini diikuti 187 orang. “Antusiasme peserta mengikuti kompetisi terus bertambah, tahun ini naik hinggga 75 persen,” ujar Marketing Coordinator EF Jogjakarta Lieony Syahne saat ditemui di sela acara.

Lieony mengungkapkan, kompetisi tahunan ini diselenggarakan diseluruh Indonesia. Nantinya peserta yang lolos di tingkat regional masing-masing daerah akan maju ke kompetisi tingkat nasional pada 24 November mendatang di Tenis Indoor, Senayan, Jakarta.

“Peserta kompetisi seluruhnya dari tingkat pelajar dasar hingga menengah pertama,” jelas Lieony.

Dia memaparkan, kompetisi mengeja berbahasa inggris ini terdiri dari 25 soal di seriap babak. Untuk kategori yang dilombakan, yakni kategori A untuk pelajar SD kelas 1-2, kategori B untuk pelajar SD kelas 3-4, kategori C untuk pelajar SD kelas 5-6 dan kategori D untuk pelajar SMP kelas 1-3.

“Dalam babak semifinal diambil  5 peserta yang akan bertanding di babak finalnya,” katanya.

Lieony berharap ajang ini sebagai upaya EF selaku lembaga pendidikan bahasa Inggris berskala internasional, untuk menumbuhkan dan mendorong kepercayaan diri anak-anak Indonesia dalam penguasaan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi internasional.

“Semoga dari banyaknya peserta regional Jogjakarta ini nantinya akan berlanjut ke kompetisi tingkat nasional mewakili EF Regional Jogjakarta,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu peserta Spelling Bee Competition 2019 yang masuk babak final Sharen  Michellene Cahyono mengungkapkan kegembiraannya melaju ke babak final. 

Pelajar Sekolah Dasar dari Budi Utama kelas V ini tidak menyangka bisa lolos. Sebab Sharen mengaku tidak ada persiapan khusus sebelumnya dalam mengikuti kompetisi ini. Dia mengatakan sebelumnya hanya mempelajari dari Google dan Youtube.

“Sempat deg-degan, ada sekitar delapan soal yang kurang jelas,” kata gadis yang pernah tiga kali mengikuti kompetisi serupa ini. (*/naf/tif)

Pendidikan