RADAR JOGJA – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FISIP UAJY) menggelar Workshop dan Festival Gamelan. Acara bertajuk “Peran Tokoh dan Warisan Karya Kreatif sebagai Pembentuk Identitas Jogjakarta” ini berlangsung di SD Eksperimental Mangunan.

”Acara ini diadakan pada Selasa (29/10) dan mendatangkan tiga pembicara dan sembilan komunitas gamelan,” ujar Humas UAJY Rebekka Rismayanti, Jumat (1/11).

Dia menjelaskan, acara ini berkaitan dengan riset yang dilakukan oleh FX Bambang Kusumo Prihandono, MA serta F. Anita Herawati, M.Si. yang sudah berjalan selama tiga tahun terakhir. Bentuk implementasi temuan dalam rangka proses pewarisan dari tokoh-tokoh kreatif yang diteliti salah satunya adalah Rm YB Mangunwijaya yang memprakarsai kreativitas humanisme yang dipandang sebagai percampuran tradisi, kontekstual, nilai-nilai baru yang bermuara pada penghargaan martabat manusia yang terpinggirkan.

Dekan FISIP UAJY  FX Bambang Kusumo Prihandono, MA mengatakan, salah satu hasil dari penelitian yakni kreativitas selalu memiliki akar dan dasar yang kerap dikenal sebagai tradisi.

”Kekuatan kebudayaan kita salah satunya adalah gamelan, maka dari itu kami mencoba untuk mengeksplorasi dan mengembangkan sebagai suatu kreativitas salah satunya melalui festival ini sendiri,” ungkapnya. (ila)

Pendidikan