RADAR JOGJA – Banyaknya tindakan bullying di dalam maupun luar sekolah dan ketidaktahuan siswa tentang bullying, membuat SD Islam Al Azhar 38 Bantul merasa perlu membuat program untuk mengedukasi siswanya. Yakni program pencegahan bullying yang dilaksanakan pada Sabtu (12/10) untuk siswa kelas 1 dan 2. Dikemas melalui dongeng yang unik dan menarik anak-anak.

Salah satu guru kelas Nurul Umi menjelaskan, dongeng merupakan salah satu cara mengedukasi yang sangat mudah dicerna dan diingat pesannya oleh siswa kelas 1 dan 2. Para siswa pun terlihat senang dan antusias dengan dongeng bertema “Diriku dan Sahabatku” yang disampaikan. Menggandeng pendongeng nasional yang sudah memiliki jam terbang tinggi, diharapkan kegiatan ini dapat menyampaikan pesan yang diberikan oleh sekolah.

“Harapannya agar masing-masing siswa dapat mempengaruhi temannya dalam kebaikan, sekaligus mengambil contoh baik dari temannya, tidak ada tindakan bullying di sekolah, serta siswa dapat memahami tentang hal-hal  yang boleh dan  tidak boleh dilakukan di lingkungan sekolah  khususnya untuk kelas 1 dan 2,” tutur Nurul.

Nurul menambahkan, pada dasarnya sekolah merupakan sarana untuk melaksanakan pendidikan yang diharapkan dapat menjadikan siswanya lebih maju, berilmu, berkarakter dan berakhlak mulia. Oleh karena itu, menurutnya, sekolah sebagai pusat dari pendidikan harus dapat melaksanakan fungsinya dengan optimal, salah satunya melalui edukasi di luar mata pelajaran ini. (sky/tif)

Pendidikan