RADAR JOGJA – Metode pembelajaran menggunakan les privat sudah banyak berkembang sejak trennya naik di masyarakat. Jika dulu les privat hanya mengakomodir materi-materi akademis saja, kini materi les privat sudah beragam. Lembaga les privat di Jogja Edufio menyediakan layanan les privat dalam beberapa program pokok yaitu, program akademis, program keahlian kerja, dan program keahlian. Untuk program akademis terdiri dari les privat pra-sekolah, SD, SMP, SMA, dan mahasiswa. Untuk program keahlian kerja meliputi penguasaan SPSS, eviews, statistika, akuntansi, hingga debat. Sedangkan program keterampilan yang bisa dipilih seperti menjahit. Ada juga beberapa program lain seperti les privat persiapan tes, olahraga, kesenian, pendidikan agama islam, dan juga kesenian.

“Materi yang diajarkan di Edufio merupakan hasil rancangan khusus yang memang didesain sesuai kebutuhan para pembelajar. Pada saat pendaftaran, nantinya siswa akan diminta untuk mengisi materi apa yang dibutuhkan. Selanjutnya, pihak Edufio yang akan menyesuaikan,” papar founder Edufio, Amhar Maulana Arifin.

Dengan begitu, para pembelajar diuntungkan karena tidak harus membayar sesi les yang tidak dibutuhkan. Selain berhemat waktu, biaya, juga tenaga. Para tutor yang mengajar di Edufio terdiri dari kalangan para akademisi, praktisi, dan ahli. Amhar menyebutkan, sampai saat ini, jumlah tutor yang sudah lolos kualifikasi dan menjalin kerja sama dengan Edufio mencapai ribuan tutor. Edufio menggunakan konsep satu murid satu tutor untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

“Dengan konsep ini, Edufio menganggap setiap materi yang diajarkan akan jadi jauh lebih mudah diserap. Hal tersebut dikarenakan murid jadi lebih terfokus ke materi tanpa takut terganggu dengan keberadaan murid lainnya,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Amhar, komunikasi yang terjalin antara murid dengan tutor juga menjadi lebih intensif, yang berarti sangat baik untuk membantu pemahaman murid. Edufio memberikan fleksibilitas kepada para siswa untuk menentukan lokasi dan jadwal les privatnya. Siswa bisa memilih sendiri di mana sesi les privat akan berlangsung. Siswa bisa memilih rumah, sekolah, taman, atau perpustakaan.

Amhar mengatakan, biaya les menyesuaikan dengan program pilihan siswa. Untuk mendapatkan program yang sesuai, Edufio menyediakan sesi konsultasi gratis terlebih dahulu pada saat proses pendaftaran. Pendaftaran les di Edufio dapat dilakukan di kantor Edufio di Jalan Persatuan Baru Nomor 90, Depok, Sleman, Yogyakarta. Dapat dilakukan juga secara online, melalui nomor Whatsapp yang tersedia di laman www.edufio.com. “Staf bagian pendaftaran nantinya akan memberikan konsultasi singkat seputar kebutuhan program atau kelas les yang dibutuhkan. Selanjutnya, Anda tinggal mengisi formulir melalui website yang sudah disediakan,” tandas Amhar. (*/tif)

Pendidikan