RADAR JOGJA – Pekan Disiplin dan Kepemimpinan (PDK) bagi calon taruna dan taruni Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Jogja memasuki hari kedua. Para calon taruna mendapatkan materi mengenai psikologi dan kedisiplinan di Denhanud Paskhas 474 Jogja, Selasa (3/9) hingga Kamis (5/9).

Perwakilan Yayasan Citra Dirgantara Muhammad Ridhakusuma Bramandika menjelaskan bahwa dunia kedirgantaraan memiliki lingkup kerja yang sangat luas. Tidak salah jika kemudian STTKD menjadi pilihan para lulusan SMA, SMK, dan MA, untuk melanjutkan studinya. “Dalam rangka menyiapkan pondasi dasar mental yang kuat bagi Taruna dan Taruni, STTKD menggandeng Denhanud 474 Paskhas, Lanud Adisucipto,” katanya.

Wakil Ketua 3 Bidang Ketarunaan STTKD Sudirman Hi Umar ST MT mengatakan, calon taruna akan tinggal sementara di Denhanud Paskhas 474 Jogja hingga Kamis (5/9). Selanjutnya, giliran calon taruni STTKD yang akan mendapatkan pelatihan di Denhanud 474 Paskhas Jogja, Kamis (5/9) hingga Sabtu (7/9).

Sudirman menuturkan, selama di Denhanud 474 Paskhas Jogja, calon taruna mendapatkan materi mengenai kedisiplinan. Harapannya akan diterapkan saat kuliah. “Terutama masalah waktu. Datang ke kelas tepat waktu, mengumpulkan tugas tepat waktu, membuat laporan tepat waktu, dan disiplin lain yang dibutuhkan. Treatment yang kami berikan adalah bekerjasama dengan Paskhas. Taruna senior STTKD juga ikut dilibatkan,” jelasnya.

Selanjutnya pada 9 dan 10 September nanti akan diselenggrakan kuliah umum. “Pemateri akan menghadirkan dari Gubernur AAU, Kapolda DIJ, BNNP DIJ, Danlanud Adisucipto, dan Kepala LLDIKTI,” ungkapnya.

Wakil Komandan Denhanud 474 Paskhas Mayor Basir menyampaikan penggemblengan ini dalam rangka menumbuhkan etika, kepemimpinan, kedisiplinan, dan kerja sama dari Taruna STTKD. “Materi yang diberikan yakni peraturan baris berbaris (PBB), psikologi lapangan, rapling, haral rintang, jaring pendaratan, titian tali, dan pelatihan fisik dan keterampilan lainnya,” katanya. (*/pra)

 

Pendidikan