RADAR JOGJA – Pekan Disiplin dan Kepemimpinan (PDK) bagi calon taruna dan taruni Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Jogja resmi dibuka di Kampus STTKD, di Sewon, Bantul, Senin (3/9). Taruna dan taruni baru angkatan 2019/2020 wajib mengikuti segala proses pembelajaran di Kampus Disiplin ini dengan tekun dan gigih.

Wakil Ketua 1 Bidang Akademik STTKD Erwhin Irmawan SSi MCs menyampaikan, STTKD  disebut kampus disiplin karena melahirkan taruna/taruni dengan tingkat kedisplinan yang tinggi. “Lima T, yakni takwa, teknokrat, tanggap, tanggon, dan trengginas betul-betul sudah dimiliki lulusan STTKD dan kultur disiplin ini banyak diminati perusahaan penerbangan dan bandara,” ujarnya.

Sekretaris Perguruan Tinggi STTKD Muhammad Wasfan SSos Msi menegaskan keunggulan STTKD selain fasilitas pendidikan yang lengkap, adalah dalam hal kedisiplinan dan Kepemimpinan lulusannya. Para calon taruna dan taruni wajib mengikuti latihan dan bimbingan dari pasukan elit TNI Angkatan Udara, Paskhas Lanud Adisutjipto. “Pendidikan di STTKD yang menekankan kedisiplinan harus dijalani dengan tekad kuat dan pantang menyerah. Proses ini akan menghasilkan lulusan yang memiliki nilai akademik tinggi, dengan kepribadian yang baik. Disiplin waktu dan lulus tepat waktu,” ungkapnya.

Wakil Ketua 3 Bidang Ketarunaan Sudirman Hi Umar ST MT menambahkan pada tahun ajaran 2019/2020, STTKD menerima calon taruna dan taruni sebanyak 1.297 orang dari seluruh Indonesia, dan 3 mahasiswa asing dari Timor Leste. PDK STTKD akan berlangsung hingga Sabtu (7/9). PDK bukanlah perpeloncoan tapi lebih menekankan pada aspek etika dan kedisiplinan.”Pertama pembekalan dalam bentuk kuliah umum dalam bidang kedirgantaraan. Kedua kepemimpinan di Paskhas. Sesuai tema, PDK 2019 bertujuan untuk membentuk calon taruna-taruni yang memiliki etika, disiplin, kepemimpinan, komunikasi, dan kerja sama sebagai modal dalam menempuh pendidikan di STTKD dan dunia kerja,” jelasnya.

Menurut Sudirman, para orang tua wali tidak perlu khawatir mengenai peluang kerja lulusan STTKD. Waktu tunggu kerja lulusan STTKD hanya 1-3 bulan. STTKD juga sudah banyak menjalin kerjasama dengan mitra kerja di bidang kedirgantaraan seperti Dirkampen Kemenhub, Airnav, PT Angkasa Pura, dan seluruh Maskapai Penerbangan nasional maupun internasional. (*/pra)

Pendidikan