MAGELANG – Sebagai prodi baru setelah bertranformasinya Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan Yoma), Prodi Teknologi Pakan Ternak terus aktif dalam melakukan inovasi dan mengarahkan mahasiswanya untuk lebih banyak praktek.

Salah satunya adalah pembuatan produk pakan ternak yang dilakukan seminggu sekali, tak tanggung-tanggung, dalam satu hari mahasiswa mampu memproduksi 1.800 kg produk pakan yang siap untuk digunakan ruminansia.

Dosen Pengampu Mata Kuliah Formulasi Pakan Ruminansia Dr Joko Daryatmo, SP, MP mengatakan, praktikum kali ini tak hanya penilaian mengenai jumlah produksi yang dapat dilakukan, namun mengarah ke manajemen kelompok kerja.

”Bagaimana dengan empat sampai lima orang dalam satu kelompok dapat menyelesaikan produk pakan sebanyak 200 kg dalam estimasi wsktu 30 menit. Jadi bagaimana kelompok dapat berbagi tugas dari semua proses produksi secara tanggungjawab dan disiplin,” katanya.

Didampingi oleh Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Budiyanto, SST, mahasiswa yang terbagi dalam sembilan kelompok tersebut ditugaskan untuk memproduksi pakan bagi sapi perah, sapi potong, dan kambing/domba.

”Proses produksi yang terdiri dari persiapan bahan baku, mixing, sampai pengemasan, harus dilakukan secara tepat, agar hasil yang didapatkan mampu mempertahankan kualitas pakan yang telah diproduksi. Selain itu, manajemen produksi kerja ini diharapkan menjadikan pola kerja mahasiswa agar lebih aktif dan disiplin sampai nanti mereka lulus dari sini,” kata Budiyanto. (*/yog/ila)

Pendidikan