MAGELANG – Sembilan kelompok mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknologi Pakan Ternak, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang (Polbangtan YoMa) terlibat dalam pembuatan pakan ternak ruminansia. Setiap kelompok terdiri atas empat sampai lima orang. Masing-masing kelompok ditugaskan untuk memproduksi pakan sapi perah, sapi potong, dan kambing/domba.

Proses produksi lengkap dari hulu ke hilir. Mulai pemilihan bahan baku dan menyiapkan alat, mixing, hingga pengemasannya. ”Semua tahap produksi harus dilakukan secara tepat agar hasil yang didapatkan mampu mempertahankan kualitas pakan yang telah diproduksi,” jelas Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Budiyanto SST.

Selain harus mengaplikasikan manajemen produksi, praktik pembuatan pakan ternak diharapkan bisa membentuk pola kerja mahasiswa. Agar lebih aktif dan disiplin. Sampai mereka lulus dari Polbangtan YoMa. Sehingga ke depan mahasiswa terbiasa bekerja secara efektif dan efisien di lapangan pekerjaan yang digeluti.

Dalam praktik pembuatan pakan tersebut, setiap produk yang dihasilkan dikemas dalam karung ukuran 50 kilogram. Setiap hari mahasiswa mampu menghasilkan hingga 36 karung. Artinya, pakan terproduksi setiap hari mencapai 1.800 kilogram. (*/yog/ila)

Pendidikan