MAGELANG – Inilah sapi unggulan Belgian Blue yang lahir di kampus Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang (Polbangtan YoMa) di kampus Magelang. Namanya Roro Mendut. Pertumbuhannya sangat pesat. Usianya enam bulan. Lahir 10 November 2018. Roro Mendut dilahirkan melalui operasi sectio caesar (SC) dengan berat lahir 40 kilogram. Kini beratnya mencapai 197 kilogram.

“Roro Mendut satu-satunya Belgian Blue di Polbangtan YoMa saat ini. Kami sedang menunggu kelahiran Belgian Blue yang lain,” ungkap Ketua Tim Pengembangan Belgian Blue Polbangtan YoMa drh Supriyanto MP.

Perkembangan Roro Mendut sangat signifikan dibandingkan sapi biasa. Kebutuhan pakan dan susunya pun disiapkan secara khusus. “Jumlah asupannya lebih banyak dibanding sapi pada umumnya. Sehingga perkembangannya dapat optimal,” tambah  Supriyanto yang juga menjabat ketua jurusan peternakan.

Roro Mendut bisa tumbuh dengan sangat baik lantaran dirawat secara intensif oleh tim Belgian Blue yang dibantu mahasiswa Polbangtan YoMa. Mereka siap berjaga selama 24 jam secara bergantian.

Sebagai spesies unggulan, Belgian Blue yang dikembangkan di Indonesia memang mendapat perlakukan khusus. Itu lantaran sapi tersebut butuh penyesuaian terhadap perbedaan suhu dan cuaca dengan tempat asalnya di Belgia. (*/yog/ila)

Pendidikan