MAGELANG – Prodi Teknologi Produksi Ternak menjadi salah satu yang  banyak diminati calon mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang (Polbangtan YoMa) kampus Magelang.

Terbukti, mahasiswa semester dua di jurusan itu pun selalu semangat belajar. Baik teori maupun praktik lapangan. Meski saat puasa sekalipun. Bahkan, tiap libur akhir pekan mereka tak mau bermalas-malasan. Mereka pilih terjun ke kandang untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di kelas.

Sabtu (11/5) mereka melakukan sanitasi kandang itik Mojosari Alabio (MA). Polbangtan YoMa memiliki 700 itik MA yang merupakan hibah dari Balitnak Bogor beberapa waktu lalu. Itik itulah yang kini dibudidayakan di kandang kampus Magelang.  “Ke-700 itik itu merupakan DOD hasil crossing induk terseleksi Mojosari dengan Alabio,” ungkap dosen Produksi Ternak Unggas dan Aneka Ternak Nur Prabewi SPt MP.

Selain dibudidayakan, itik MA tersebut juga menjadi media pembelajaran mahasiswa. Ini sebagai bagian tindak lanjut kerja sama antara Pobangtan YoMa dengan Balitnak Bogor.

“Kami menyambut baik pemeliharaan itik unggul ini. Agar mahasiswa bisa banyak belajar membudidayakan unggas yang khusus diambil telurnya untuk konsumsi,” jelas Nur Prabewi.

Setiap libur weekend mahasiswa melakukan sanitasi kandang itik. Sekaligus menyeleksi DOD yang pertumbuhannya di bawah standar. Mahasiswa juga melakukan culling DOD yang pertumbuhannya  di bawah normal berdasarkan umurnya. (*/yog/ila)

Pendidikan