BANTUL – Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) kembali mewisuda mahasiswanya. Kali ini, ada 160 mahasiswa yang diwisuda dalam acara yang digelar di JEC, 30 April lalu.

Mereka terdiri atas 137 wisudawan dari Fakultas Imu Kesehatan, 15 dari Fakultas Sains dan Teknologi, serta 8 wisudawan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi. Wisuda kali ini adalah yang ke-20 dan merupakan periode I tahun 2019, serta ada enam mahasiswa yang lulus dengan waktu studi 3,5 tahun.

Hingga kini Unriyo telah meluluskan 8.940 alumni yang telah tersebar ke seluruh wilayah Indonesia. Mereka berasal dari 14 program studi yang berada di bawah Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Sains dan Teknologi, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi.

Wisudawan terbaik dengan IP 3,96 atas nama Maria Santisima Trinitas Dhiu Nono dari Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat. Wisudawan berpredikat cum laude sebanyak 17 orang.

Banyaknya lulusan yang dapat terserap di dunia kerja membuktikan bahwa kualitas lulusan Unriyo mempunyai kompetensi yang sesuai dan mempunyai kemampuan untuk bersaing  di tingkat global. Selain itu banyak dari lulusan Unriyo yang saat ini kembali kepada almamaternya sebagai tenaga dosen dan diberikan kesempatan beasiswa studi lanjut ke jenjang yang lebih tinggi.

Dapat juga menjadi dosen di lingkungan Yayasan Pendidikan Respati yang saat ini memiliki beberapa perguruan tinggi. Antara lain Universitas Respati Indonesia Jakarta, Stikes Respati Tasikmalaya, dan Akademi Kebidanan Sumedang.

Rektor Unriyo Prof Dr dr Santoso MS SpOk menyampaikan, pada tahun akademik 2019 ini telah membuka dan menerima mahasiswa baru prodi baru yaitu Pendidikan Profesi Bidan (jenjang Akademik S1 dan Profesi).

“Pencapaian tingkat kelulusan First Taker Uji Kompetensi Nasional Ners Periode Oktober 2018 mencapai 93,63 persen. Sedangkan Uji Kompetensi Nasional Kebidanan pada Periode Oktober 2018 mencapai 78,84 persen,” paparnya. (*/laz/er)

Pendidikan