JOGJA – Tindak lanjut dari kerjasama yang telah terjalin antara National Dong Hua University (NDHU) Taiwan dengan Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY), delegasi NDHU berkesempatan untuk berkunjung ke kampus ITNY, Jumat (26/4). Delegasi NDHU dipimpin oleh Prof Yen-Pei Fu dari Department of Material Science and Engineering.

Rektor ITNY Dr Ir H Ircham MT menyampaikan ada tawaran student exchange. Saat ini, terdapat tiga civitas akademika ITNY yang sedang menempuh program doktoral di NDHU. “Ketiganya juga mendapatkan beasiswa untuk menyelesaikan studi mereka,” ungkapnya.

Turut menyambut delegasi NDHU, Kepala Lembaga Perencanaan dan Pengembangan Institut (LPPI) ITNY, Subardi, Ph.D. yang juga merupakan salah satu alumni NDHU.

Prof Yen-Pei Fu menjelaskan bahwa ini merupakan kunjungan yang kedua yang dilakukan ke kampus ITNY. Selain untuk menindaklanjuti MoU yang telah disepakati dengan ITNY, kedatangannya kali ini juga dalam rangka untuk menjaring pelajar-pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang ada di Taiwan. “Pelajar-pelajar Indonesia perlu untuk meningkatkan kemampuannya di bidang sains, khususnya matematika, fisika, dan kimia, sebagai bekal untuk studi lanjut ke Taiwan di samping kemampuan berbahasa Inggris,” jelasnya.

Mengenai sistem pembelajaran di NDHU sendiri, Yen-Pei Fu menjelaskan, kampus-kampus di Taiwan banyak menawarkan program dalam Bahasa Inggris. Iklim akademik kampus-kampus di Taiwan juga sangat kondusif untuk pengembangan keilmuan. “Kami memiliki laboratorium-laboratorium berkelas internasional di NDHU,” ujarnya. (*/a11/pra/zl)

Pendidikan