MAGELANG – Mahasiswa Politeknik Pengembangan Pertanian Yogyakarta – Magelang (Polbangtan YoMa) tak hanya sibuk kuliah dan praktik di laboratorium. Mereka juga aktif praktik lapangan. Untuk menerapkan ilmu dan teori yang diperoleh di bangku kelas. Bahkan untuk menambah keterampilan, beberapa mahasiswa terjun langsung ke kandang-kandang ternak rakyat. Seperti dilakukan mereka yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Cinta Satwa Kandang.

Usai kuliah mereka rutin mendatangi kandang-kandang ternak di seputaran kampus. Salah satunya di Abita Farm, Dusun Dayugo, Kelurahan Banyusidi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. Tak jauh dari kampus. Abita Farm bergerak di bidang fattening pemeliharaan domba. Rutinitas yang dilakukan anggota UKM Cinta Satwa Kandang Polbangtan YoMa berupa praktik memotong kuku dan bulu domba, serta memberikan vitamin dan antibiotik.

Kegiatan tersebut termasuk salah satu agenda luar kampus. Di tempat itu mereka berbagai ilmu di bidang peternakan. Dengan melibatkan sapta usaha ternak. Bertujuan meningkatkan keterampilan dan kemampuan tiap individu. Untuk ditularkan kepada masyarakat, khususnya para peternak muda. Sekaligus demi memajukan dunia peternakan di Indonesia. ( */yog/ila)

Pendidikan