MAGELANG – Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta – Magelang (Polbangtan YoMa) secara sukarela mengikuti kegiatan transfer embrio (TE) ternak sapi di kandang ternak sapi kampus setempat Sabtu (23/2).

Mereka terdiri atas mahasiswa semester I – VII dari tiga prodi Jurusan Peternakan. Yakni Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan, Reproduksi Ternak, dan Teknologi Pakan Ternak.

Para mahasiswa menyimak dengan seksama penjelasan  Ketua Jurusan Peternakan Polbangtan YoMa Dr drh Supriyanto MP.

Supriyanto bukan hanya mendampingi mahasiswa. Tapi juga memberikan arahan. Serta penjelasan mengenai prosedur pelaksanaan transfer embrio yang baik dan benar. Agar sapi terjaga kesejahteraannya.

“Transfer embrio merupakan proses pengambilan (flushing) embrio dari uterus sapi donor yang telah diovulasikan ganda (superovulasi) dan memindahkannya ke uterus sapi resipien (penerima) menggunakan metode, peralatan, dan waktu tertentu,” papar Supriyanto.

Supriyanto sangat apresiatif terhadap para mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut.  Karena sebagian mahasiswa yang bukan dari Prodi Reproduksi Ternak tampak antusias mengikuti kegiatan dan mendengarkan arahannya.

Bahkan mahasiswa dari prodi yang bukan sesuai bidang pembelajaran tersebut turut membantu proses transfer embrio sapi. Mereka membantu memberikan obat antibengkak dan ikut meng-handle sapi. (*/yog/ila)

Pendidikan