JOGJA – Dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran lalu, para siswa mengeluhkan soal yang dinilai lebih sulit. Itu karena pemakaian jenis soal high order thinking skill (HOTS). Tahun ini soal jenis HOTS kembali masuk dalam soal UNBK.

“Dalam UNBK tahun ini masih ada soal HOTS,” ujar Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jogja Dedi Budiono, Senin (11/2).

Dengan soal HOTS tersebut, para siswa dituntut untuk berpikir lebih mendalam. Karena yang diuji berupa penalaran dan pemahaman siswa. Tapi, lanjut Dedi, sebenarnya para siswa sudah diajarkan dalam pembelajaran maupun pendalaman materi. Para guru juga diminta membuat soal jenis HOTS.

“Sudah dibiasakan sehingga saat ujian tidak kaget,” ungkapnya.

Soal jenis HOTS itu juga sudah diberikan dalam simulasi UNBK yang digelar Disdik Kota Jogja. Selama empat hari. Sejak Senin (4/2) hingga Jumat lalu (8/2). Saat ini hasilnya masih menunggu proses pengolahan dan analisis. “Harapannya dua hari ke depan sudah bisa diketahui hasil simulasinya,” ujarnya.

Dedi menambahkan simulasi juga untuk mengecek fasilitas komputer di sekolah. Dia memastikan semuanya sudah lengkap. Begitu pun dengan sinkronisasi jaringan. “Semoga tidak ada kendala sampai pelaksanaan ujian selesai,” tuturnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Sekolah SMP Negeri 16 Kota Jogja Sucipta mengatakan, para siswanya yang duduk di kelas IX mengaku telah berupaya maksimal menghadapi UNBK. “Alhamdulillah, untuk persiapan sudah kita lakukan secara maksimal,” ujarnya kepada Radar Jogja.

Untuk fasilitas komputer, SMP Negeri 16 telah menyediakan tiga laboratorium. Dari tiga laboratorium itu tersedia komputer sebanyak 125 unit, dan cadangan 5 unit. Nantinya saat ujian, akan dibagi menjadi dua sesi. Pagi dan siang.

“Setiap sesinya ada 120 siswa yang mengikuti ujian,” ungkap Sucipta. Selain komputer, dia pun memastikan jaringan telah disinkronisasi untuk ujian. Sucipta mengakui, uji coba perangkat itulah tujuan dari simulasi. Sedangkan terkait Tes Peningkatan Mutu (TPM) terus dilakukan melalui materi dan soal-soal. “Kalau TPM ini baru mau dicek hasilnya,” kata Sucipta. (cr9/pra)

Pendidikan