JOGJA – Seleksi Olimpiade Siswa Nasional (OSN) Tingkat Kota Jogja akan segera dilaksanakan 27 Februari mendatang. SMA Muhammadiyah 2 (Muha) Jogjakarta ditunjuk sebagai tuan rumah ajang tersebut.

”Kami ikut mempersiapkan siswa-siswi kami dalam seleksi OSN ini. Ada sekitar 54 siswa yang kami kirim untuk 9 bidang pelajaran,” ujar Kepala Sekolah SMA Muha Slamet Purwo.

Slamet menjelaskan, untuk setiap bidang mata pelajaran pihaknya mengirim lima sampai enam siswa, baik bidang pelajaran  eksak maupun noneksak. Dalam seleksi ini dia menargetkan siswa-siswinya bisa lolos ke tingkat selanjutnya untuk mewakili Kota Jogja.

”Paling tidak ada satu wakil dari sekolah kami di setiap bidang pelajarannya,” imbuhnya.

Untuk mempersiapkan siswanya, Slamet mengaku telah melakukan beberapa persiapan seperti memberikan fasilitas kepada siswa dengan mendatangkan praktisi dari luar juga mantan-mantan juara OSN untuk mengajar siswanya.

”Melihat dari pengalaman sebelumnya, soal OSN itu berbeda jauh dengan yang dipelajari anak-anak, jadi kami memilih mengundang mantan-mantan juara dalam OSN yang lebih paham terkait materi soal,” paparnya.

Salah satu siswa yang dipersiapkan untuk seleksi OSN tingkat Jogja adalah Ridzky Ramadhan. Siswa berusia 17 tahun ini akan mewakili bidang pelajaran Matematika. Ridzky baru saja mendapatkan prestasi membanggakan yaitu masuk lima besar (harapan 2) Lomba Matematika Nasional (LMN) tingkat SMA/MA/SMK se Indonesia yang berlangsung di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) belum lama ini.

Humas SMA Muha Fatma Taufiyanti mengatakan siswanya sangat suka dengan matematika, nilainya di mapel eksak juga tinggi. Menurutnya, partisipasi Ridzky di Lomba Matematika Nasional kemarin juga sebagai bagian persiapan dia jadi salah satu wakil Muha ke seleksi OSN tingkat Jogja nanti.

Ridzky sendiri berharap dirinya bisa lolos dalam seleksi OSN tingkat Jogja dan bisa membanggakan sekolahnya dan Kota Jogja. (ita/ila)

Pendidikan