JOGJA – Bersamaan pelaksanaan wisuda periode II tahun akademik 2018/2019, Institut Sains dan Teknologi (IST) Akprind Jogja menandatangani kesepakatan bersama dengan Pemkab Gunungkidul. Kerja sama yang diteken meliputi pelaksanaan tridharma perguruan tinggi di kabupaten ini.

Dari Pemkab Gunungkidul, penandatanganan dilakukan oleh Sekda Ir Drajad Ruswandono MT mewakili Bupati Badingah yang berhalangan hadir karena sedang tugas ke Jakarta. Sedangkan dari IST Akprind dilakukan Wakil Rektor  Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerja Sama Ir Joko Waluyo MT.

Bupati dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Drajad Ruswandono mengungkapkan  pentingnya peran perguruan tinggi dalam mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan, dan peran serta masyarakat di Kabupaten Gunungkidul. IST Akprind  dengan sumberdaya pengetahuan dapat menggunakan kemampuan di bidang sains dan teknologi untuk pengembangan kepariwisataan di kabupaten ini.

Sementara Wakil Rektor Joko Waluyo mengatakan,  kerja sama dengan berbagai pihak di Gunungkidul sebenarnya telah dilakukan sejak tahun 90-an. Wilayah Kecamatan Patuk merupakan lokasi penerjunan program kuliah kerja nyata (KKN) IST Akprind selama beberapa tahun hingga awal tahun 2000-an.

Beberapa tahun terakhir, PTS ini kembali menerjunkan mahasiswanya untuk KKN di Kelurahan Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Di bidang penelitian, beberapa dosen juga melakukan penelitian di wilayah Patuk, tepatnya di area Gunung Ireng. Pada lokasi ini sangat potensial untuk dikembangkan sebagai tujuan wisata edukasi, utamanya di bidang geologi. (sce/laz)

Pendidikan