JOGJA – Malam Apresiasi Sastra merupakan salah satu rangkaian acara Ngayogyasatra berupa festival sastra. Acara ini diselenggarakan oleh UNSTRAT (Unit Studi Sastra dan Teater) UNY di halaman Rektorat UNY, Minggu malam (28/10).

Pada Malam Apresiasi Sastra terdapat pameran sastra yang bertajuk artsip, berisi kumpulan puisi anggota UNSTRAT era 1990 sampai 2018. Juga petisi bertajuk urun rembug, di mana masyarakat umum bisa menuliskan apa saja tentang sastra.

Acara Malam Apresiasi Sastra dimeriahkan Kopibasi, Mishbah, KMSI, Kamasetra, SICMA, lalu ada pembacaan puisi oleh pemenang lomba puisi se-DIY.

Puncak acaranya dengan pembacaan puisi serentak dipandu oleh Thomas H. Sukiran, pembacaan Sumpah Pemuda, dan Orasi oleh Iman Budi Santoso.

Salah satu anggota Departemen Sastra UNSTRAT Rizkya Falah Sari mengatakan tujuan acara ini untuk masuk ke dalam masyarakat dan mengenalkan sastra kepada masyarakat. Selain itu juga untuk mengenang kembali W.S Rendra yang merupakan penyair besar Indonesia serta untuk memperingati Sumpah Pemuda. (mg4/ila)

Pendidikan