BANTUL – Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) adalah pekan seni mahasiswa yang berbentuk kesenian yang diselenggarakan oleh Belmawa Dikti RI. Ajang dua tahunan ini terdiri 15 bidang cabang perlombaan, seperti fotografi, komik strip, dan lain lain.

“Ajang ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan praktik mahasiswa dalam menumbuhkan apresiasi seni, terrmasuk seni sastra,” Ketua Panitia Lokal di UAD Dedi Pramono.

Ajang yang ke-14 ini DIJ menjadi tuan rumahnya. Khusus untuk tangkai lomba sastra, UAD ketiban sampur. Lima lomba sastra di antaranya lomba baca puisi putra, baca puisi putri, penulisan puisi, penulisan cerpen, dan yang terakhir penulisan lakon.

Peserta PEKSIMINAS XIV Tangkai Lomba Sastra berjumlah 143 orang. “Harapan dari PEKSIMINAS XIV Tangkai Lomba Sastra ini yaitu bisa melahirkan pecinta, penulis-penulis yang bisa mengembangkan kreatifitasnya di bidang seni,” ujar Dedi.

Salah satu peserta lomba baca puisi Nurrizky Annisavitrie membawakan puisi Cocktail Party karya Toeti Heraty yang merupakan puisi wajib untuk peserta lomba baca puisi putra maupun putri dan sajak Seorang Prajurit karya Suminto A. Sayuti.

“Memilih puisi Suminto A. Sayuti karena puisi tersebut pas dimainkan untuk dinamika-dinamikanya, serta untuk mencari klimaksnya juga enak,” ungkapnya. (mg4/ila)

Pendidikan