JOGJA- Program Studi (Prodi) Magister Ilmu Pemerintahan dan Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bekerjasama dengan KAPSIPI (Kesatuan Program Studi Ilmu Pemerintahan Seluruh Indonesia) mengadakan Workshop Penyusunan Capaian Pembelajaran dan RPS Mata Kuliah Wajib Nasional. Kegiatan ini digelar di Gedung Kasman Singodimedjo, UMY Kamis-Sabtu (19-21/4). Acara yang sudah digelar empat kali ini dibuka Wakil Rektor 5 UMY Prof Dr Achmad Nurmandi, MSc dilanjutkan pengarahan ketua KAPSIPI yang juga Guru Besar FISIP UNPAD Prof Dr Drs H Utang Suwarno MA.

Ketua Prodi Magister Ilmu Pemerintahan Dr Dyah Mutiarin MSi mengatakan, acara ini dalam rangka menyamakan persepsi tentang mata kuliah wajib bagi prodi ilmu pemerintahan seluruh indonesia. Sehingga dapat memiliki format yang sama termasuk dalam penyusunan kurikulum, silabus sampai ke rancangan pembelajaran semester yang harus disusun setiap program ilmu pemerintahan.

Airin sapaan akrabnya menambahkan, workshop ini diharapkan akan menghasilkan capaian pembelajaran untuk kurikulum ilmu pemerintahan yang disepakati, yang nantinya akan diajukan ke Kemenristekdikti. “Supaya Kapsipi memiliki bargaining power yang baik dan memiliki pengakuan dari Kemenristekdikti,” ujarnya.

Prof Dr Drs H Utang Suwarno MA mengatakan, tujuan dari acara ini adalah untuk membahas kurikulum ilmu pemerintahan termasuk capaian pembelajaran sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi, dan menyeragamkan mata kuliah pokok yang harus ada di Jurusan Ilmu Pemerintahan yang berjumlah 19 mata kuliah. “Setelah acara ini selesai kejelasan, ketegasan dan aplikasi kurikulum ke-19 mata kuliah yang telah ditentukan ini dapat segera terealisasikan,” harapnya.

Workshop yang digelar selama tiga hari ini diikuti 61 peserta yang merupakan Kaprodi Ilmu Pemerintahan dari 40 Universitas se-Indonesia. Sebagai pembicara pertama Prof David N Almarez DM dari Mindanao State University, Iligant Institute of Technology, Filipina. Dia membahas Philippines Experience in Achieving Expected Learning Outcomes. Dia memberi arahan bagaimana mencapai capaian kurikulum yang baik.

Pemateri selanjutnya Dr Agus Joko Purwanto MSi membahas penyamaan persepsi tentang pengembangan RPS (rencana pembelajaran semester) yang bertujuan untuk penyempurnaan penyusunan capaian pembelajaran dan RPS (rencana pembelajaran semester) mata kuliah wajib nasional diseluruh program studi ilmu pemerintahan di seluruh Indonesia.

Di hari kedua, acara dilanjutkan dengan paparan pengembangan RPS (rencana pembelajaran semester) per-mata kuliah, yang bertujuan untuk menyusun capaian pembelajaran dan RPS mata kuliah masing-masing mata kuliah. Acara ditutup hari ini dengan penyelesaian kerja individu dan penyerahan hasil pengembangan RPS. (sce/din/mg1)

Pendidikan