SLEMAN – Sebagai upaya mendekatkan anak-anak dengan polisi serta mengajak mereka sadar akan keselamatan berlalu lintas, Gachon University Korea dan Universitas Gadjah Mada (UGM) bersama Polres Sleman menggelar kegiatan Lomba Polisi Sahabat Anak dan Bermain Bersama Polantas (PSA/B2P), Selasa (6/3) lalu. Kegiatan ini yang diadakan di Polres Sleman mendapat sponsor dari KOICA dan Samsung Electronics.

Dalam kegiatan ini Gachon University dan UGM memberikan bantuan berupa helm untuk keselamatan anak-anak, uang pembinaan, dan trofi kepada pemenang dalam berbagai lomba antara lain lomba mewarnai, lomba menyanyi, lomba gerak dan lagu, dan lomba bercerita dalam Bahasa Jawa. Kegiatan ini diadakan di lima Polres di DIJ selama lima hari berturut-turut sejak 5-9 Maret 2018.

“Kegiatan PSA/B2P ini sebagai salah satu upaya menanamkan sikap disiplin berlalu lintas sejak usia dini, serta sebagai aksi menggelorakan kampanye gerakan nasional pelopor keselamatan guna menyukseskan tahun keselamatan untuk kemanusiaan tahun 2017-2018,” jelas Direktur Lalulintas DIJ Kombes Polisi Latif Usman, S.I.K, MHum.

Mengusung tema Fieldtrip Safety Traffic Education For Children kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mendekatkan anak-anak dengan polisi. Dengan begitu anak-anak mengetahui dan memahami bahwa polisi merupakan sosok yang tidak perlu ditakuti namun sebagai sosok pelindung, pengayom, dan pelayanan masyarakat.

Prof Huh Eok dari Gachon University Korea menyampaikan, di negaranya juga terdapat kegiatan serupa sebagai sarana pendidikan keselamatan berlalulintas untuk anak-anak.

“Saya sangat terkesan menyaksikan anak-anak sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini. PSA/B2P merupakan kegiatan yang bagus dan positif yang akan memberikan hasil efektif bagi anak-anak dibandingkan guru atau orang tua yang menyampaikan secara lisan mengenai keselamatan berlalu lintas,” paparnya.

Gachon University sendiri sudah terlibat dalam kegiatan kampanye ini sejak 2017 dengan tujuan dapat menurunkan angka kecelakaan berlalulintas pada anak di Jogjakarta.

Di sisi lain UGM, Gachon University, KOICA, dan Samsung Electronics sedang melaksanakan proyek pengembangan dan penyebaran bahan ajar tentang keselamatan berlalu lintas, pelatihan instruktur keselamatan lalu lintas pada anak, dan pembagian helm untuk anak. (**/ita/ila/mg1)

Pendidikan