RADARJOGJA.CO.ID – Psikologi pembelajarannya melatih pikiran untuk berimajinasi. Sehingga, mahasiswa yang sudah lulus tidak perlu khawatir menjadi pengangguran. Sebab, ilmu Psikologi cakupannya sangat luas dan bisa bekerja di bidang apa saja.

Hal ini dapat dibuktikan pada acara temu alumni sekaligus talkshow yang diselenggarakan Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Jogjakarta pada Minggu (3/12/2017). Hadir sebagai pengisi acara yaitu dosen Psikologi Dr. Hadi Suyono, S.Psi.,M.Si. dan Unggul H.N. Utomo, S.Psi.,M.Si.

Acara yang dimoderatori Anggi mengambil tema Little Things to Show Our Sense of Humanity. Even ini merupakan bagian dari Opening Ceremony Psikologi ke-22.

Selain sebagai psikolog anak-anak, pekerjaan alumni jurusan Psikologi juga beragam. Antara lain auditor di rumah sakit, oligami yang karyanya sudah sampai ke mancanegara, dan masih banyak lagi. “Jurusan Psikologi, selama ada manusia pasti bisa makan,” kata Unggul.

Menurutnya, alumni UAD sangat beruntung. Selain dari segi pendidikan yang sangat bagus, UAD juga semakin meningkat kualitasnya. Semua itu tidak lepas dari peran beragam organisasi yang ada di dalamnya. Bahkan, sekarang seleksi untuk masuk jurusan ini sangat ketat.

Ia berpesan kepada para mahasiswa dan alumni Fakultas Psikologi UAD untuk mencintai pekerjaannya dengan sepenuh hati, jangan mudah menyerah dan malu.

“Lakukan pekerjaan denga cinta. Sebab, kita akan senang dengan pekerjaan apa pun jenis. Apalagi psikologi termasuk ilmu yang mencakup semuanya, dan psikolog juga sangat berguna untuk keluarga, masyarakat, serta negara,” lanjutnya.

Hadi Suyono mengatakan ilmu psikologi dapat berperan mengatasi masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat. Misalnya, bagaimana menjembatani konflik pembangunan pabrik, konflik antar kelompok masyarakat, dan lain sebagainya.

“Cakupan ilmu psikologi itu sangat luas, bisa diterapkan pada industri, lembaga pemerintahan, pendidikan, dan kelompok masyarakat,” kata Hadi yang juga Humas UAD ini. (mar)

Pendidikan