RADARJOGJA.CO.ID – Ambisi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menguasai bumi Nusantara nampaknya sudah menjadi kenyataan. Satu diantara PT Muhammadiyah tersebut kini tak hanya dikenal masyarakat di pulau Jawa tapi sudah sampai ke telingan masyarakat nusantara. Salah satunya dikenal masyarakat yang tinggal di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Buktinya, setiap tahun sedikitnya ada sekitar 300 mahasiswa baru UAD yang berasal dari NTB seperti Mataram, Lombok, Sumbawa dan lain sebagainya.

“NTB merupakan salah satu daerah yang menjadi lumbung mahasiswa bagi UAD. Setiap tahun ajaran baru ada 300 setiap mahasiswa dari kota ini,” kata Rektor UAD, Kasiyarno saat berkunjung ke PW Muhammadiyah NTB pekan lalu. Kunjungan yang diikuti Forum Wartawan UAD ini sekaligus dalam rangka mengenalkan UAD kepada masyarakat NTB.

Apa saja program studi yang menjadi favorit? Kasiyarno menerangkan, mahasiswa UAD asal NTB menyebar di berbagai jurusan. Namun, yang menjadi favorit adalah jurusan Farmasi, Bahasa Inggris, dan Kesehatan Masyarakat. Saat ini mahasiswa UAD sudah mencapai 24 ribu yang tersebar di 41 Program Studi.

“Alhamdulillah, alumni UAD yang kembali ke daerah asalnya banyak yang sukses. Ada yang menjadi PNS, pegawai swasta, dan berwira swasta,” terang Kasiyarno.

Ketua PW Muhammadiyah NTB, Salahudin menyampaikan terima kasih atas kunjungan kampus UAD dan Forum Wartawan UAD. Kunjungan ini menjadi ajang tukar informasi dan pikiran mengingat PW Muhammadiyah NTB juga telah mendirikan Universitas Muhammadiyah Mataram.

“Ada banyak masukan yang bisa kami dapatkan dari kunjungan ini terutama untuk pengembangan Universitas Muhammadiyah Mataram dan amal usaha PW Muhammadiyah NTB lainnya,” kata Salahudin. (mar/dem)

Nusantara