Abraham Genta Buwana/Radar Jogja
JOGJA- Sebanyak 17 mahasiswa S2 Minat Perilaku dan Promosi Kesehatan Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran (FK) UGM melakukan kunjungan ke Jawa Pos Radar Jogja.

Para mahasiswa pasca sarjana yang dipimpin Sekretaris Akademik Asnandar Prabowo, ingin mengetahui proses pembuatan surat kabar. Dimulai dari wartawan mencari dan menulis berita, hingga koran sampai ke tangan pelanggan.

Dijelaskan Asnandar Prabowo program Minat Perilaku dan Promosi Kesehatan, merupakan salah satu peminatan yang bertujuan mendidik mahasiswa menjadi ahli promosi kesehatan. Guna meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan mahasiswa, maka diterapkan metode pembelajaran Student Centered Learning (SCL). Dalam metode ini, mahasiswa menjadi pemeran utama dalam belajar mandiri

“Tujuannya agar mahasiswa mampu mencari, memahami dan berbagi referensi yang mendukung teori yang diperoleh baik melalui pakar, seperti dosen dan praktisi, buku-buku ilmiah, jurnal-jurnal nasional dan internasional, serta belajar langsung di masyarakat,” katanya, kemarin.

Salah satu metode yang kami terapkan, lanjutnya, adalah memadukan teori dan praktik dengan terjun langsung di masyarakat. Kunjungan lapangan di beberapa instansi diharapkan mendukung pemahaman mahasiswa dalam proses belajar mengajar.

“Kunjungan ke Jawa Pos Radar Jogja masuk dalam sesi mata kuliah Media dan Komunikasi Kesehatan. Bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membuat suatu berita tentang kesehatan yang berbahasa media atau koran. Sehingga lebih menarik dan mudah dipahami oleh masyarakat luas,” ungkapnya.

Mereka diterima Penanggung Jawab Dewan Redaksi Radar Jogja Joko Suhendro yang didampingi Redaktur Grafis Herpri Yanto dan beberapa wartawan serta layouter. (cr1/dem/ong)

Jogja Raya