SIAP LAKSANAKAN UN; Kepala MTsN Maguwoharjo Supangat S.Pd, MPd.I didampingi para stafnya saat berkunjung ke Redaksi Radar Jogja, Kamis (24/3).
SLEMAN – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Maguwoharjo sudah sangat siap untuk melaksanakan Ujian Nasional (Unas). Persiapan yang sudah dilakukan, sebanyak 116 siswa-siswi kelas IX telah sering melakukan latihan mengerjakan soal UN dan tryout. Sebagai persiapan akhir, Sabtu (26/3) akan dilaksanakan sungkeman siswa kepada orang tuanya yang difasilitasi pihak sekolah.

Kesiapan para siswanya tersebut disampaikan Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Waguwoharjo Supangat S.Pd, MPd.I saat berkunjung ke Redaksi Radar Jogja, Kamis (24/3). Supangat didampingi Wakil Kepala Kesiswaan Drs Haji Aris Sunandar, Kepala Perpustakaan Drs Eka Supana, dan Humas Erwan Budiyanto S.Pd. Dijelaskan, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, untuk menghadapi UN tahun ini, berbagai persiapan telah dilakukan, baik oleh siswa secara pribadi maupun madrasah.

“Berbagai latihan sudah dilakukan, beberapa tryout juga sudah dilaksanakan, sehingga kami berani menyatakan sudah sangat siap untuk menghadapi UN tahun ini,” katanya kepada Radar Jogja.

Kesiapan yang sudah ada tidak hanya masalah penguasaan pelajaran sekolah, tapi juga mental para siswa.

“Besok (hari ini), sudah kami jadwalkan sungkeman siswa dengan para orang tuanya. Ini menjadi rutinitas kami menghadapi UN, di mana siswa minta doa dan restu orang tuanya. Kemudian orang tua akan mendoakan anaknya,” lanjutnya.

Supangat berharap, meski UN tidak lagi sebagai syarat utama kelulusan, namun nilainya dianggap masih penting. Sebab nilai UN juga akan menjadi penjamin saat siswa-siswinya mencari sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

“Kami tetap berharap, siswa-siswi bisa mnengerjakan soal-soal UN dengan baik, sehingga hasil UN tahun ini bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” jelasnya.

Pada bagian lain Supangat menuturkan, sejak didirikan 35 tahuh silam, MTsN Maguwoharjo sudah banyak meluluskan alumni. Selain itu berbagai prestasi sudah diraihnya. Untuk tahun 2015, setidaknya MTs Negeri Maguwoharjo meraih empat prestasi, baik tingkat kabupaten, provinsi maupun tingkat nasional. (cr3/jko/ong)

Pendidikan