JOGJA – Sebagai perguruan tinggi swasta, UKDW Jogja ingin dikenal lebih luas oleh masyarakat. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, UKDW mengadakan kegiatan kemitraan melalui Open House 2014. Dalam program ini, UKDW memamerkan beragam hasil penelitian dan karya ilmiah oleh mahasiswa dan mitranya. “Open House ini bertujuan meningkatkan kerja sama dengan para stakeholder dan mahasiswa yang memiliki pengalaman bidang penelitian dan ilmu pengetahuan,” kata Rektor UKDW Djohan usai pembukaan open house di Atrium Gedung Agape UKDW (14/7). Djohan berharap open house dapat memberikan wawasan dan pengetahuan kepada masyarakat, stakeholder, dan siswa. Sebab, kegiatan ini menyajikan berbagai informasi mengenai kurikulum dan kebutuhan kerja kepada pelajar SMA/SMK.
Dia ingin program studi UKDW ada hubungan dengan kurikulum yang ada di SMA/SMK. Selain itu, para pengunjung dapat memberikan masukan dan kritik kepada UKDW melalui program studi atau lembaganya. “Kami siap dikritik demi peningkatan kualitas pendidikan di UKDW,” kata Djohan.
Selain karya ilmiah, open house menyajikan berbagai informasi mengenai program studi (prodi), lembaga penerbitan dan toko buku. Untuk menyemarakkan open house, panitia akan mengadakan seminar, workshop, dan program pelatihan dan praktikum yang akan diikuti pelajar SMA/SMK swasta dan negeri di Jogjakarta. “Kegiatan diikuti 1.540 siswa dan melibatkan lebih dari 40 program pelatihan dan praktikum,” tandas Djohan. Disinggung mengenai sistem perkuliahan, Djohan menerangkan ada beberapa tahapan yang dilakukan UKDW kepada mahasiwa baru. Yakni, pengenalan contoh praktik langsung, pembelajaran teori, dan praktik lapangan.
Sedangkan untuk dosen dibagi lima kelompok yaitu dosen senang buku, laboratorium, praktik lapangan, industri, dan peduli karakter profesional meliputi sikap kejujuran dan kerja keras. “Dengan model ini, mahasiswa UKDW memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan,” jelasnya. (mar/iwa)

Pendidikan