RADAR JOGJA – Guru menjadi pilar penting dalam pendidikan nasional, selain menjadi tumpuan belajar peserta didik jasa guru menjadi modal bagi bangsa guna mencerdaskan kehidupan kebangsaan.

Ketua Komisi A DPRD DIJ Eko Suwanto yang juga anak seorang guru menyampaikan penghargaan dan rasa terima kasih kepada seluruh guru di Indonesia yang telah berbakti kepada negara selama ini.  “Upaya mencerdaskan kehidupan kebangsaan, membuka cakrawala pengetahuan generasi masa depan bangsa jadi pengabdian guru. Selamat hari guru nasional, terima kasih kepada semua guru di beragam tingkatan pendidikan,” kata Eko Suwanto, Kamis (25/11).

Sosok guru disebutkan juga harus menjadi teladan bagi semua pihak. Profesi mulia sebagai seorang guru adalah pengabdian kepada upaya mendidik generasi bangsa ini, dalam mewujudkan harapan dan cita-cita. “Saya dibesarkan oleh seorang ibu yang menjadi guru. Sosok ibu guru dari beliau-lah banyak menginspirasi dan membentuk karakter,” kata Eko Suwanto.

Keberadaan guru juga sangat strategis dalam membentuk karakter kebangsaan, membawa peserta didik memiliki rasa, karsa dan cipta dalam proses pembelajaran di sekolah.  “Semoga seluruh guru di tanah air bisa lebih sejahtera dan mampu jadi teladan bagi murid, bagi masyarakatnya,” kata Eko Suwanto yang juga menjabat Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Jogja.

Di masa pandemi seperti sekarang, guru juga memiliki peran penting dalam upaya mengingatkan anak didik agar bisa turut aktif memutus mata rantai penyebaran penyakit. Dalam proses pembelajaran bisa menyelipkan pesan agar siswa mau disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.  “Guru di sekolah penting juga mengingatkan anak anaknya agar mau disiplin protokol kesehatan. Lewat pendidikan dan pembiasaan hidup sehat kita berharap masa depan generasi Indonesia jadi lebih baik,” kata Eko. (kus/ila)

Pemerintahan