RADAR JOGJA – Anggota Komisi D DPRD Sleman H. Suryana AMd Kes mendorong pemerintah daerah mempercepat vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat golongan rentan. Khususnya lansia dan warga daerah pinggiran.

Optimalisasi vaksinasi Covid-19, kata Suryana, bisa dilakukan dengan menurunkan tenaga kesehatan (nakes) untuk blusukan kampung.
Nakes bisa bekerja sama dengan perangkat desa atau padukuhan dan ketua-ketua RT/RW untuk mendata warga yang belum vaksinasi Covid-19. “Misalnya lansia. Vaksinasi bisa lewat posyandu lansia,” ujar anggota Fraksi Golkar itu belum lama ini.

Menurutnya, percepatan vaksinasi bisa terwujud jika pemerintah mendekatkan sentral pelayanan vaksinasi ke tengah masyarakat.

Seperti diketahui, sejauh ini pelaksanaan vaksinasi Covid-19 banyak terpusat di wilayah perkotaan. Sehingga warga pedesaan harus menempuh jarak cukup jauh untuk menuju lokasi. “Ini tentu cukup menyulitkan warga. Apalagi mereka yang tinggal di wilayah yang minim aksesibilitas kendaraan angkutan umum,” ungkapnya.

Selain memudahkan jangkauan masyarakat ke lokasi vaksinasi, keberadaan nakes yang turun langsung ke lapangan bisa sekaligus menjelaskan cara menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Sebab, saat ini masih banyak orang yang tak paham cara mengakses aplikasi untuk input data peserta vaksinasi Covid-19 tersebut.(yog)

Pemerintahan