RADAR JOGJA- Dinas Perhubungan DIJ membuka rute baru, kali ini rute yang dibuka yakni menuju obyek wisata Kaliurang. Rute baru tersebut langsung dilakukan ujicoba Jumat (17/9) dengan keberangkatan dari terminal Pakem.  Ujicoba bus dilakukan dengan melewati tiga titik pemberhentian bus, yakni Tlogo Putri, Lapangan Tenis, dan Taman Kaliurang.

Direktur PT Anindya Mitra Internasional (AMI),  Dyah Puspitasari mengatakan, ujicoba rute baru ke Kaliurang ini sebenarnya merupakan hal yang sangat dinanti-nantikan oleh para pelaku wisata dan juga masyarakat. Hal itu dikarenakan bahwa saat ini tidak ada angkutan umum yang sampai ke Kaliurang, sedangkan potensi wisatanya cukup bagus.

“Dengan adanya wacana seperti ini, kami selaku pelaku wisata berharap agar dapat dimanifestasikan menjadi hal yang bisa mengangkat pariwisata yang ada di Kaliurang,”ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan DIJ, Ni Made Dwipanti Indrayanti menerangkan, rute baru ini masih dalam ujicoba, untuk melengkapi rute bus menuju Terminal Pakem, yang ada sejak 2020 lalu. Ini dilakukan untuk mendukung pariwisata di kawasan Kaliurang. “Kami berharap layanan ini bisa dimanfaatkan masyarakat,” katanya.

Wakil Ketua DPRD DIJ, Huda Tri Yudiana berharap agar rute baru ini dapat segera direalisasikan. Mengingat transportasi umum menuju ke Kaliurang sudah tidak ada lagi, sehingga orang ingin kesana harus memakai kendaraan pribadi.

“Transportasi umum ini bisa digunakan sebagai salah satu faktor pembangkit kebangkitan wisata di masa sekarang ini. Kami berharap segera terwujud,” ucapnya. (sky)

Pemerintahan