RADAR JOGJA – Upaya perluasan dan percepatan vaksinasi bagi seluruh kelompok sasaran warga DIJ perlu terus ditingkatkan. Percepatan vaksinasi terutama diperlukan bagi kelompok remaja, lansia, difabel dan kelompok rentan yang lain agar mereka memiliki imunitas dan terhindar dari risiko dampak Covid-19.

Ketua Komisi A DPRD DIJ dari Fraksi PDI Perjuangan Eko Suwanto mengatakan, langkah percepatan dan perluasan vaksinasi bagi seluruh kelompok sasaran harus bisa dilaksanakan secepatnya.  Pemda DIJ sudah mendapatkan alokasi vaksinasi dari pemerintah. “Langkah perluasan dan percepatan pelayanan vaksinasi bagi kelompok pelajar, lansia dan difabel penting segera dilakukan, agar upaya memberikan imunitas bagi seluruh warga DIJ bisa segera terwujud,” kata Eko Suwanto, Jumat (27/8).

Eko Suwanto menyatakan imunitas bagi warga DIJ agar sehat dan selamat diperlukan guna hadapi dampak risiko Covid-19. Melalui vaksinasi yang diperluas, harapannya warga bisa segera bangkit dari kondisi dampak penyakit menular dan bisa membangun perekonomian, menjalankan kehidupan dengan kebiasaan  baru, disiplin protokol kesehatan.

“Ayo segera akses pelayanan vaksinasi dari pemerintah, jangan sampai ketinggalan atau tidak mau vaksin. Pemda DIJ perlu bekerja lebih keras agar seluruh kelompok sasaran bisa segera dapat vaksinasi,” kata Eko Suwanto.

Sesuai dengan data terkini Germas COV DIJ hingga Kamis (26/8) dari total cakupan sasaran warga DIJ sebanyak 2.879.999 untuk dosis 1 sudah mencapai 51,75 persen atau 1.490.283 orang. Dosis 2 baru terlaksana vaksin 22,05 persen 634.930 orang.

“Melihat data yang ada untuk nakes dan pelayan publik sudah lebih 100 persen untuk dosis 1 dan 2. Namun kelompok remaja, lansia, difabel dan umum masih perlu diperluas dan dipercepat, agar seluruh kelompok sasaran bisa terlayani vaksinasi. Ini penting sebagai ikhtiar agar warga DIJ sehat, selamat. Bagi yang sudah vaksin harus terus disiplin jalankan protokol kesehatan,” kata Eko Suwanto. (sce/ila)

Pemerintahan