RADAR JOGJA- Ketua Komisi A DPRD DIJ, Eko Suwanto menuturkan masa pemberlakuan PPKM darurat yang diperpanjang hingga 25 Juli 2021 telah dilewati.  Upaya perlindungan anak-anak lewat percepatan vaksinasi guna mencegah resiko covid-19 di Jogjakarta mendesak segera diperluas.

Lewat vaksinasi massal yang diperluas untuk anak-anak ini diharapkan bisa membentuk imunitas individu, terutama anak-anak kala masuk proses pembelajaran di sekolah.

“Anak-anak adalah generasi masa depan bangsa ini. Upaya perlindungan kesehatan dari resiko penyakit menular covid-19 penting bagi anak-anak agar saat proses belajar di sekolah mulai dijalankan mereka sudah memiliki imunitas, pemda DIJ perlu pastikan perlindungan bagi anak-anak ini,” kata Eko Suwanto, dari Fraksi PDI Perjuangan, Minggu, (25/7).

Eko Suwanto, menjelaskan sesuai dengan program dan sasaran vaksinasi yang telah ada, prioritas perlindungan anak-anak dan pelayanan kesehatan anak penting dijalankan. Pemerintah daerah wajib memberikan perlindungan bagi anak-anak, memfasilitasi anak agar dapat prioritas vaksin.

“Mutlak, perlu percepatan vaksinasi bagi anak-anak, jika diperlukan, perluas, permudah aksesnya agar anak terlindungi dari penyakit menular Covid-19,” kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIJ dari Fraksi PDI Perjuangan.

Eko menambahkan, laporan dari Germas covid-19 DIJ hingga Minggu, (25/7) covid-19 di Jogjakarta ada penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19  sebanyak 2.145 kasus, sehingga total kasus terkonfirmasi menjadi  104.778 kasus.

Penambahan kasus sembuh sebanyak 1.116 kasus, sehingga total sembuh menjadi 70.171 kasus. Penambahan kasus meninggal sebanyak 59 kasus, sehingga total kasus meninggal menjadi  2.926 kasus.

Distribusi kasus terkonfirmasi Covid-19 menurut domisili wilayah kabupaten Bantul ada 1.003 kasus lalu di Kota Jogja  385 kasus, Kabupaten Gunungkidul  366 kasus, Kabupaten Sleman  317 kasus dan Kabupaten Kulon Progo  74 kasus.

“Melihat tren data yang ada, upaya vaksinasi untuk pencegahan penting diperluas dan dipermudah aksesnya,” kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIJ. (sky)

Pemerintahan