RADAR JOGJA- Ketua Komisi A DPRD DIJ, Eko Suwanto  menturkan anak Indonesia adalah masa depan bangsa yang hak-haknya harus terfasilitasi dan terlindungi.

Perhatian atas hak anak penting diberikan terutama hak anak-anak untuk tetap mendapatkan pendidikan, apalagi di masa pandemi Covid-19 ini.

“Mari wujudkan cita dan harapan anak Indonesia tetap bertumbuh kembang dengan baik di tengan situasi pandemi, hak-hak anak jangan sampai terlupakan,” kata Eko Suwanto, dari Fraksi PDI Perjuangan, Jumat, (23/7).

Eko menjelaskan pendidikan anak di tengah pandemi memang harus jadi perhatian. Idealnya seluruh anak Indonesia terjamin hak-hak dasarnya. Bagi anak-anak yang kehilangan orang tua, anak yatim dan piatu akibat dampak pandemi harus ada pendampingan dan kepastian pendidikan mereka.

“Langkah perlindungan anak-anak dari penyakit Covid-19 penting jadi bagian perhatian kebijakan pemerintah, pendampingan bagi mereka yang kehilangan orang tua, anak-anak yatim atau piatu harus terjamin pendidikan mereka,” kata Ketua Komisi A DPRD DIJ, dari Fraksi PDI Perjuangan.

Sementara untuk memastikan hak dasar di bidang kesehatan bagi anak-anak, langkah perlindungan anak-anak dari Covid-19 bisa diwujudkan dengan realisasikan pelayanan khusus bagi anak.

“Layanan khusus buat anak-anak  yang terpapar Covid-19. Misal RS Anak atau RS yang sediakan layanan khusus buat anak bisa diwujudkan oleh pemerintah. Anak terlindungi, mereka adalah masa depan bangsa Indonesia,”ujarnya. (sky)

Pemerintahan