RADAR JOGJA- Ketua Komisi A DPRD DIJ, Eko Suwanto menyatakan rasa optimis dan semangat untuk bisa segera bangkit dari aneka dampak penyakit menular baru, Covid-19 perlu selalu dihadirkan.

Segala upaya untuk menangani pandemi telah bersama dilakukan. Sesuai program kebijakan yang ada, Komisi A DPRD DIJ terus mendorong agar Pemprov  DIJ dan kabupaten Sleman, Gunungkidul, Bantul, Kulonprogo dan kota Jogja untuk bekerja ekstra keras, melayani dan menangani seluruh warga yang terdampak.

Melalui strategi tujuh langkah pitulungan dengan upaya pencegahan, pendataan hingga penanganan dan pengawasan, dukungan anggaran ada harapan bisa segera menuntaskan penanganan dampak Covid-19.

“Wabah ini butuh energi bersama untuk memutuskan mata rantai penyebaran. Kita harus selalu rawat harapan optimisme untuk saling menguatkan hadapi Covid-19. Disiplin protokol kesehatan satu cara pencegahan harus terus kita laksanakan, rajin cuci tangan, pakai masker, jaga jarak, dirumah saja sementara waktu, hidup sehat,” kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIJ.

Berdasarkan laporan Germas COV DIJ pada Rabu, (14/7) tercatat ada peningkatan pasien sembuh cukup tinggi dari 843 menjadi 1.044. Kasus konfirmasi positif COVID-19 mencapai 2.350 atau turun dari sebelumnya 2.731.

Angka kematian mencapai rekor tertinggi yaitu 65 meninggal. Angka kesembuhan mengalami penurunan sedikit dari 70,95 persen menjadi 70,2 persen.

Kasus aktif bertambah dari 21.387 kasus menjadi 22.628 (26, 49 persen). Angka positif mengalami perbaikan signifikan dari 27,13 persen menjadi 22,26 persen.

Bed RS tersedia 1.503 (ICU dan isolasi) dengan keterisian isolasi sebesar 99,6 persen dan ICU 87,7 persen (rerata total 90,27 persen).

“Menyimak data laporan harian, memang masih ada dinamika dan catatan tingginya mereka yang positif Covid-19 dan angka kematian. Kita berharap setiap langkah penanganan selama masa PPKM darurat bisa menurunkan risiko dan memutus mata rantai penyebaran penyakit menular.

Mari terus disiplin protokol kesehatan guna pencegahan, juga berdoa bersama   semoga pandemi bisa segera berlalu,” kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Jogja. (sky)

Pemerintahan