RADAR JOGJA – Anggota Fraksi PKB MPR RI H. Sukamto SH kembali mengadakan sosialisasi Empat Pilar MPR RI. Kali ini dengan sasaran pengurus dan anggota Pimpinan Cabang (PC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) se-Kabupaten Sleman.

Menurut Sukamto, sosialisasi Empat Pilar MPR RI itu merupakan program yang dijalankan MPR RI. “Hal ini merupakan amanat undang-undang,” tegasnya di depan tak kurang 50 orang peserta sosialisasi yang dipusatkan di Griya Sukamtan Dusun Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, Sabtu (22/5).

Dikatakan, sosialisasi sengaja menyasar pengurus dan anggota Muslimat NU bukan tanpa alasan. Dengan adanya kegiatan tersebut, dia ingin wawasan kebangsaan Muslimat NU se-Sleman semakin kuat. Sebab, empat pilar itu berintikan nilai-nilai kebangsaan. “Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara,” ujar dia.

Selanjutnya UUD Negara RI Tahun 1945 menjadi konstitusi negara. Hal itu merupakan sebuah kesepakatan. Kemudian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara yang bersifat final. Sedangkan Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan negara.  Kedudukan Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara berada di atas tiga pilar lainnya. Pancasila menjadi pedoman penuntun bagi pilar-pilar kebangsaan dan kenegaraan lainnya.

Ditambahkan, sosialisasi itu juga dalam rangka terus membangun nasionalisme dan patriotisme. Semangat kebangsaan yang sejalan dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945. Dengan terbangun kesadaran itu, Sukamto tidak ingin pengurus dan anggota Muslimat NU di Sleman sekadar menjadi penghias saja. Namun harus menjadi garda terdepan  dalam mengimplementasikan wawasan kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kesempatan itu, Sukamto juga menitipkan salam darin Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar. Sejatinya, Muhaimin akan banyak turun ke daerah-daerah. Termasuk datang ke Sleman. Menyapa ibu-ibu pengurus dan anggota Muslimat NU setempat. Namun karena terkendala pandemi Covid-19, rencana itu belum dapat dilaksanakan.

“Kita doakan bersama Bapak Muhaimin senantiasa diberikan kesehatan sehingga terus memimpin PKB menjadi partai yang jaya dan besar sehingga bisa memenangkan Pemilu 2024,” ucapnya.

“Kami juga ingin Bapak Muhaimin menjadi calon presiden (Capres) Pemilu 2024,” lanjut Sukamto.

Tak hanya bicara empat pilar kebangsaan, Sukamto ini juga bicar pentingnya mematuhi protokol kesehatan selama pandemi Covid-19. Bentuknya dengan selalu memakai masker.

Menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir. Sikap disiplin itu sebagai upaya preventif. Sekaligus memutus mata rantai penularan virus korona. “Semua pihak harus hati-hati, disipilin dan jangan pernah menyepelekan Covid-19 ini,” pintanya.

Selain Sukamto, sosialisasi Empat Pilar MPR RI itu juga menghadirkan narasumber Marsudi SH MH. Dia mengupas kedudukan empat pilar itu dalam rangka memantapkan kesadaran kehidupan berbangsa dan bernegara. (kus/ila)

Pemerintahan