RADAR JOGJA- Talud Sungai sepanjang kurang lebih 150 meter dengan ketinggian tebing 15 meter yang terletak di Babarsari RT 19 RW 05, Tambakbayan, Kalurahan Catur tunggal, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman terancam longsor. Sehingga berdampak pada 15 tempat tinggal warga yang berada di sekitar talud tersebut.

Dukuh Tambakbayan Widodo menuturkan bahwa selama hampir 8 tahun, talud sungai tersebut belum pernah diperbaiki oleh pemerintah setempat. Warga berharap agar segara ada perbaikan dari pemerintah.

Tiap musim hujan, warga terdampak selalu mengungsi terlebih dahulu, katanya Rabu (24/2).

Sekretaris Lurah Caturtunggal Amir Azis mengatakan, bahwa kalau terjadi hujan lebat dan talud utama terkena air, maka rumah-rumah warga akan ambrol. Dampaknya, warga menjadi ketakutan pada saat musim hujan seperti sekarang ini.

Maka dari itu, pihaknya mengajukan bantuan kepada pemerintah melalui DPRD DIJ, mengajukan bantuan untuk memperbaiki talud baru dilakukannya kali ini.

Sementara itu Anggota Komisi C DPRD DIJ Gimmy Rusdin saat melakukan tinjauan kerja langsung ke talud mengakui bahwa,” Pihaknya mendapatkan laporan dari warga setempat bahwa talud yang berada di Tambakbayan ada yang darurat, longsor dan berdampak pada tempat rumah warga.

Solusinya, dana pembangunan talud akan dilewatkan dengan PPKPU untuk menangani situasi yang darurat. Untuk prosedurnya, dari Desa ke Kecamatan guna menguatkan surat yang telah dikirim ke Komisi C. Setelah itu, Komisi C akan membuat surat yang ditujukan kepada PU dan balai besar untuk segera membangun talud tersebut,”ujarnya. (sky)

Pemerintahan