RADAR JOGJA- Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 ini menjadi momen yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, pandemi COVID-19 belum berakhir, yang membuat pers memiliki peran yang jauh lebih berat.

Namun di tengah pandemi, wartawan DIJ melakukan aksi peringatan HPN 2021 dengan berbagi pada sesama. Para wartawan yang berkumpul di Gedung DPRD DIJ membagikan puluhan nasi kotak kepada para pekerja di kawasan Malioboro, Selasa (9/2).

“Ini sebagai bentuk kepedulian pada andong, becak, dan pedagang kaki lima di kawasan DPRD DIJ. Yang menarik ada partisipasi dari sejumlah fraksi dewan dalam acara ini,” kata Santosa Suparman, selaku koordinator wartawan

“Tingginya kasus COVID-19 di hampir semua daerah ini tidak bisa ditangani sendiri oleh pemerintah. Peran serta pers menjadi sangat penting dalam membantu program pemerintah untuk mencegah penyebaran virus melalui pemberitaan yang edukatif di tengah masyarakat,” sahut Danang Wahyubroto, Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD DIJ.

Danang berharap, pers ikut menangkal informasi hoaks yang marak di sosial media mengenai COVID-19. Sebagai penyebar informasi yang kredibel, pers dimintanya meluruskan berbagai informasi yang tidak benar dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif di masyarakat.

“Misalnya dalam program vaksinasi COVID-19. Hoaks terkait vaksin yang marak di sosial media yang bisa mempengaruhi kepercayaan masyarakat bisa dilawan melalui informasi yang terpercaya dan dari sumber yang kredibel yang disampaikan pers,” katanya.

Contoh lain dalam kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) atau Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) yang diterapkan selama hampir sebulan terakhir di Jawa maupun Bali. Pers diharapkannya dapat membantu mensosialisasikan kebijakan tersebut kepada masyarakat.

“Dengan demikian kebijakan yang dibuat dalam rangka memutus mata rantai penularan COVID-19 bisa berjalan optimal,” kata Danang.

Hal senada disampaikan Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIJ. Ia menegaskan langkah edukasi penting dijalankan oleh insan pers nasional sebagai wujud tanggung jawab media massa menjalankan fungsi pers.

“Selamat Hari Pers Nasional. Semoga terus menjadi pilar penting demokrasi. Saatnya mewujudkan karya jurnalistik yang bisa bawa optimisme, beretika dan pers Indonesia semakin maju,” kata Eko.

Ia secara khusus berharap ke depan dalam menjalankan fungsi pers bisa menjadi ruang berekspresi dan mendorong hadirnya karya jurnalistik yang mampu menginspirasi semua elemen dalam upaya bangkit dari dampak pandemi. Seperti diketahui,  sudah satu tahun terakhir semua bangsa di dunia berjuang untuk terbebas dari pandemi.

“Salah satu langkah memutus mata rantai penyakit menular adalah disiplin jalankan protokol kesehatan. Ini butuh kesadaran bersama, insan pers harus terus mendorong adaptasi kebiasaan baru, pakai masker, hidup sehat, rajin cuci tangan, dan jaga jarak. Pers berperan penting gelorakan semangat warga untuk mentaati protokol kesehatan dan melawan COVID,” kata Eko. (sky)

Pemerintahan