RADAR JOGJA- Jogjakarta telah menerima 26.800 dosis vaksin Sinovac dari Pemerintah Pusat yang akan diberikan untuk 25 ribu tenaga kesehatan.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIJ meminta agar masyarakat tidak khawatir atas datangnya vaksin Sinovac ke DIJ. Guna meyakinkan masyarakat DIJ, DPRD mengusulkan agar Gubernur DIJ  Sultan  Hamengkubuwono (HB) X menjadi orang pertama yang divaksin.

Ketua DPRD DIJ Nuryadi mengatakan, “kalau memang di masyarakat ada kekawatiran, maka kita akan mendorong orang nomor satu di DIJ untuk divaksin terlebih dahulu”, ujarnya Selasa (5/1).

Nuryadi  menambahkan,”seharusnya pejabat di DIJ harus diberikan vaksin terlebih dahulu. Disamping itu, usia 60 tahun ke atas juga sudah bisa divaksin, namun harus disertai dengan catatan medis”,tambahnya.

Lebih lanjut Nuryadi menjelaskan, bahwa setelah vaksin tersebut tiba di DIJ, ke depan, DPRD DIJ  akan memanggil dinas terkait dan Balai POM untuk mendengarkan secara detail tentang vaksin tersebut. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mengetahui agar semua clear dan masyarakat tidak perlu cemas lagi.

Vaksin ini merupakan upaya pemerintah pusat untuk mengamankan rakyat dari Covid dengan memberikan vaksin. Bahkan Presiden sendiri menjadi orang pertama yang divaksin,Sehingga harapan kami masyarakat tidak perlu khawatir, jelas legislator dari PDIP ini.

Kepala Dinas Kesehatan DIJ Pembajun Setyaningastutie mengatakan dengan pengawalan ketat dari kepolisian, vaksin disimpan di gudang penyimpanan kesehatan di Kecamatan Tegalrejo, Kota Jogja

“Kami bakal melakukan perhitungan ulang dan selanjutnya akan berkoordinasi dengan kota/ kabupaten untuk pendistribusiannya. Selama didistribusikan, vaksin dilarang dibuka,” kata Pembajun.

Untuk vaksinasi, Pembajun mengatakan bakal digelar serentak di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota pada 14-15 Januari atau selang sehari setelah presiden dan jajaran menteri yang memenuhi syarat menerima vaksin.

DIJ bakal menerima 2,6 juta vaksin dalam empat tahap. Untuk itu, Dinas Kesehatan DIJ sedang mendata 30 ribu klinik yang mengajukan permintaan vaksin. (sky)

Pemerintahan