RADAR JOGJA- Kondisi Covid-19  hari hari terakhir di DIJ sangat memprihatinkan,  harus dilakukan tindakan signifikan untuk mengurangi laju pertambahan penularan yang sudah sangat massif. Kami sudah memantau langsung di berbagai rumah sakit dan layanan kesehatan di DIJ.

“Kondisinya sangat memprihatinkan, bed bed Covid penuh di berbagai RS. Rekan rekan tenaga medis sudah sangat kelelahan luar biasa,  mereka juga sangat beresiko tertular. Ini realitas yang harus disikapi serius ujar, wakil Ketua DPRD DIJ Huda Tri Yudiana kepada awak media Kamis (10/12) di DPRD DIJ .”

Lebih lanjut Politisi  PKS  berucap syukur karena rangkaian kegiatan  Pilkada telah berlangsung dengan baik Alhamdulillah secara umum pantauan kami di berbagai TPS dilaksanakan penuh protokol kesehatan. Semoga kemarin tidak menyebabkan cluster baru.

Pilkada ini diselenggarakan oleh KPPS  yang rata rata warga lokal. Alhamdulillah warga di lingkungan tempat tinggal nya memiliki kesadaran tinggi dan sistem sosial yang baik. Artinya kita bisa mempercayakan pencegahan di lingkungan tempat tinggal pada sistem sosial warga sendiri.

Huda menambahkan, tempat umum sudah sangat rampai dan minimal penerapan protokol kesehatan.  Perlu penegakan dan pembatasan serius.  Misalnya dengan membatasi jumlah pengunjung,  menjadwalkan pengunjung,  melakukan penjagaan ketat,  bagi pelanggar protokol kesehatan tidak boleh tidak masuk, dan sebagainya.  Perlu melibatkan aparat secara lebih massif. Satpol PP saja tidak cukup.  Apalagi sebentar lagi ada libur panjang,  dan pengalaman setelah libur panjang kenaikan kasus drastis. Perlu koordinasi khusus terkait libur panjang dan pembatasan tempat keramaian dengan aparat dan pemerintah kabupaten kota kebawah. Jangan sampai sistem pelayanan kesehatan di DIJ tidak mampu merawat pasien lagi. tambahnya. (sky)

Pemerintahan