RADAR JOGJA – Tahun 2020, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Jogjakarta telah melatih 4.371 orang pendamping PKH dalam Diklat P2K2 (Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga). Luasnya wilayah kerja menjadikan BBPPKS Jogja memiliki peserta Diklat P2K2 Pendamping PKH terbanyak di antara balai balai Diklat Kemensos lainnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BBPPKS Jogjakarta, Murhardjani saat memberikan penguatan kepada peserta diklat gelombang terakhir, Kamis (25/11).

“Wilayah kerja kami meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, DIJ, Bali, NTT, dan NTB yang sebagian besar merupakan kantong-kantong para KPM (Keluarga Penerima Manfaat) Program Keluarga Harapan,” ungkap Murhardjani.

Lebih lanjut ia menjelaskan, PKH yang merupakan Program Berbasis Keluarga bertujuan untuk menurunkan angka kemiskinan dan ketimpangan sosial. Untuk itu Pendamping PKH berperan agar para KPM berdaya dan meningkat statusnya dari keluarga Pra sejahtera menjadi keluarga Sejahtera Mandiri.

“Pendamping PKH harus berperan membuka akses bagi KPM ke fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan, dan fasilitas pelayanan lainnya. Ke depan komponen penerima bantuan juga akan ditambah satu lagi yakni bagi penderita TBC,” jelasnya.

Selain itu, tambahnya, Kemensos juga mempunyai Prokus atau Program Kewirausahaan yang akan mendukung KPM untuk meningkatkan kehidupan perekonomian mereka. Pendamping harus berperan dalam memberikan akses kepada para KPM untuk mendapatkan bantuan-bantuan lain yang bermanfaat bagi kemajuan kehidupan keluarga KPM.

BBPPKS Jogjakarta menyelenggarakan Diklat P2K2 Pendamping PKH sebanyak 11 gelombang pada tahun 2020 ini. Diklat dilaksanakan 10 hari secara online dan diikuti oleh 4.371 orang pendamping PKH wilayah kerja BBPPKS Jogjakarta yakni Jateng, Jatim, DIJ, NTT, NTB, dan Bali.

Ditengah pandemi BBPPKS Jogjakarta tetap berperan aktif melaksanakan tugas dan fungsinya mencetak SDM Kesos yang handal dan kompeten, serta tersertifikasi, karena para SDM Kesos ini lah yang akan menjadi garda terdepan pelaksanaan program-program Kesejahteraan Sosial yang dimotori oleh Kemensos RI. (ita/tif)

Pemerintahan