RADAR JOGJA – Wakil ketua DPRD DIJ Huda Tri Yudiana menyatakan keprihatinannya atas meninggalnya seorang pedagang kaki lima di Malioboro akibat Covid-19, Jumat lalu (4/9). 

“Semoga beliau husnul khatimah, diberikan kebaikan serta pahala yang besar atas perjuangan beliau dalam mencari nafkah keluarga,” ungkapnya, Senin (7/9).

Atas kejadian tersebut, Huda meminta dilakukan rapid test maupun swab di kawasan Malioboro untuk pedagang kaki lima yang lain. Tujuannya sebagai antisipasi dan menjamin keamanan PKL. Terlebih Kawasan Malioboro saat ini mulai ramai wisatawan.

“Silakan menggunakan halaman atau sebagian gedung DPRD untuk melakukan tes jika memang diperlukan. Bisa juga dilakukan di tempat lain yang lebih representatif,” ujarnya.

Menurut Huda, tes tersebut penting bagi siapapun yang beraktivitas dan berinteraksi dengan masyarakat di kawasan Malioboro. Lebih baik jika dilakukan secara rutin. Hal ini juga agar tidak terulang lagi kejadian PKL yang terkena Covid 19. Sebab akibatnya akan luas dan tracing yang sulit.

“Jika ada yang reaktif atau positif harus segera dilakukan perawatan atau karantina dengan semua keperluan keluarga nya dipenuhi oleh pemerintah daerah,” tegasnya.

Huda menambahkan, tempat wisata lain yang sudah beroperasi juga perlu dilakukan test Covid-19 bagi pengelola dan komunitas yang beraktivitas serta berinteraksi luas. (sky/tif)

Pemerintahan