RADAR JOGJA – Upaya memutus mata rantai penyebaran penyakit menular baru, Covid-19 bisa efektif saat seluruh elemen masyarakat disiplin. Utamanya dalam menjalankan protokol kesehatan.

Ketua Komisi A DPRD DIJ Eko Suwanto berharap pemerintah provinsi (pemprov) lebih tegas lakukan kontrol physical distancing atau jaga jarak, terutama di pusat keramaian. Misalnya saja seperti di pasar dan fasilitas publik lain yang diakses masyarakat.

“Kunci sukses upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 saat semua disiplin jalankan protokol kesehatan. Apalagi saat aktivitas di keramaian dan fasilitas publik lainnya. Perlu kontrol serius physical distancing di pusat keramaian,” katanya, Minggu (7/6).

Politikus  PDI Perjuangan ini menyatakan dalam skema program tujuh langkah pencegahan dan penanganan Covid-19, harus ada koordinasi yang baik antar semua elemen pelaksana di tiap tingkatan. “Pemerintah daerah diharapkan transparan dalam memberikan informasi data berkaitan dengan program pencegahan dan penanganan Covid-19 di DIJ,” ungkapnya.

Sesuai data terkini hingga Sabtu (6/6) total kasus positif Covid-19 di DIJ mencapai 242 orang. Pasien yang sembuh ada 178 dengan jumlah meninggal tercatat ada 8 orang.

“Kunci keberhasilan pengendalian dan penanganan Covid-19 ada dalam langkah 7 pitulungan. Di antaranya soal ketegasan pemerintah daerah melakukan kontrol physical distancing,” kata Eko. (kus/ila)

Pemerintahan