RADAR JOGJA – Ketua Komisi A DPRD DIJ Eko Suwanto mengapresiasi kinerja tim gabungan aparat keamanan dalam memastikan masyarakat untuk disiplin, guna mencegah penyebaran Covid-19 di DIJ. Operasi gabungan dalam mencegah mobilitas warga luar daerah ke wilayah DIJ diharapkan bisa efektif memutus mata rantai penyebaran virus.

“Kami berikan dukungan sepenuhnya bagi kerja aparat penegak hukum baik polisi dan TNI yang mencegah masuknya Covid-19 lewat mobilitas dan pergerakan orang luar DIJ, semoga langkah ini dipahami oleh masyarakat, demi memutus mata rantai penyebaran wabah penyakit menular baru,” ungkap Eko usai melakukan kunjungan lapangan di posko perbatasan Gunungkidul dan Bantul, Senin (4/5).

Eko memberikan poin rekomendasi yang perlu segera dijalankan pemerintah daerah maupun Pemprov DIJ. Di antaranya memfasilitasi posko termasuk APD, RDT bagi petugas di posko perbatasan. Gunanya untuk menjamin perlindungan diri bagi seluruh petugas. Pihaknya juga mendesak agar Pemda DIJ memberikan bantuankepada warga yang bekerja merantau di Jabodetabek agar tidak mudik selama masa pandemi Covid-19.

“Koordinasi bisa lewat paguyuban masing-masing kabupaten dan kota asal. Ini untuk memastikan agar masyarakat tidak mudik dan disiplin tinggal dirumah bersama-sama jalankan program cegah Covid-19,” tandasnya. (sky/tif)

Pemerintahan