JOGJA – Pertunjukan Rakyat “Pangkur Jenggleng” digelar di Stadion TGP Margoluwih, Seyegan, Sleman. Pertunjukan bertema Revitalitasi Kesadaran Masyarakat dalam Merawat Nilai Kebangsaan di Era Digital diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama DPR RI. Pangkur Jenggleng itu berlangsung pada Minggu (4/8) malam dari pukul 19.30 hingga 24.00.

(KUSNO S. UTOMO/RADAR JOGJA)

Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Gugun Gunadi menyatakan dewasa ini masyarakat tidak dapat lepas dari informasi. Bahkan  informasi sudah menjadi kebutuhan pokok. “Tidak lagi sebatas pangan, sandang dan papan. Sekarang tambah informasi,” kata Gugun. Di era informasi, masyarakat juga melakukan transformasi. Masyarakat sekarang  terbiasa memakai jasa ojek atau taksi dengan sistem darling. Juga kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Ahmad Hanafi Rais mengajak masyarakat kritis dalam menggunakan dan memanfaatkan media sosial (medsos). Informasi di medsos cenderung sulit dikontrol. Medsos telah menimbulkan tsunami informasi.

Pangkur Jenggleng menampilkan sejumlah Dalidjo Angkring, Angger Suharno dan  beberapa pemain lainnya. Adapun bintang tamu yang hadir antara lain Anggota DPRD Sleman Arif Kurniawan dan Hanum Salsabiela Rais. (kus/fj)

Pemerintahan