JOGJA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jogja terus berupaya meningkatkan minat baca masyarakat. Selain memaksimalkan keberadaan perpustakaan daerah, juga meningkatkan pelayanan dengan fasilitas perpustakaan keliling. Tujuan utama operasional armada keliling ini untuk meningkatkan budaya baca masyarakat.

Fasilitas yang digunakan di antaranya MONIKA (Mobil Internet dan Perpustakaan Kewilayahan) dan PUSPITA (Perpustakaan Satelit wilayah Yogyakarta). Kedua jenis armada tersebut juga dilengkapi dengan layanan internet gratis, perangkat multimedia dan koleksi pustaka seperti buku, majalah, dan koran. “Mereka melayani warga yang rata-rata pelajar dengan dua shif. Shift pagi dimulai pukul 08.00-16.00 dan shift siang pukul 12.00-20.00,’’ kata Kasie Pengelolaan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jogja Fitri Yuliani. Kendaraan-kendaraan ini menjangkau wilayah-wilayah di seluruh Kota Jogja dan beberapa titik strategis. Termasuk ke sekolah-sekolah dan perkampungan warga.

Jadi, masyarakat  yang tidak sempat datang  ke perpustakaan dengan berbagai alasan, bisa memanfaatkan fasilitas ini. Agar mereka juga punya kesempatan yang sama meningkatkan kecerdasan dan intelektualnya.”Kami akan menambah layanan terbaru mulai minggu ini, yakni alat peraga edukatif,’’ tambahnya.

Sejumlah orangtua mengapresiasi keberadaan fasilitas ini. Sebab, anak-anak bisa memanfaatkan memanfaatkan layanan MONIKA ini untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah dan sebagai media belajar online. Mereka menilai fasilitas yang disediakan cukup memadai.Anak-anak punya banyak waktu untuk membaca dan tidak selalu asyik dengan ponselnya.(aga/din/mg4)

Pemerintahan