JOGJA – Adanya alokasi dana kelurahan diharapkan bisa diserap sepenuhnya  untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat juga pembangunan infrastruktur di tingkat kelurahan.

Ketua Komisi A DPRD DIJ dari Fraksi PDI Perjuangan Eko Suwanto, menegaskan hal ini saat berdialog bersama dengan warga dan perwakilan RT/RW, LPMK serta pengurus rukun kampung di Ngadinegaran, Mantrijeron, Jogjakarta, Minggu (3/2)

“Kami harapkan penyerapan alokasi dana kelurahan berdasarkan kebutuhan warga,  dana kelurahan untuk kesejahteraan rakyat sesuai dengan program pemerintah  Jokowi,” kata Eko Suwanto, anggota fraksi PDI Perjuangan DPRD DIJ dapil kota Jogjakarta.

Dana kelurahan diharapkan juga menjadi stimulan bagi tersedianya lapangan pekerjaan, perencanaan pembangunan dan pelaksanaan program diharapkan bisa dikerjakan oleh warga di tingkat kelurahan.  Melalui perencanaan yang baik diharapkan seluruh dana kelurahan, bisa terserap untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan dan infrastruktur di tingkat kelurahan.

“Dana APBD untuk DIJ kalau dibandingkan DKI Jakarta misalnya, jelas beda jauh.  Kita berharap dana kelurahan bisa menggerakan perekonomian di wilayah,” kata Eko Suwanto.

Lewat forum sosialisasi,  Eko Suwanto menyatakan dirinya berharap agar penyerapan anggaran dana kelurahan benar-benar bisa maksimal. Syaratnya,  di tiap tingkat wilayah proses perencanaan pengalokasian dana kelurahan bisa dilakukan dengan baik.

“Lewat perencanaan yang baik,  sesuai kebutuhan prioritas, kita yakin alokasi dana kelurahan benar-benar bawa manfaat bagi rakyat,” kata Caleg DPRD DIJ Dapil Kota Jogjakarta ini. (kus/ila)

Pemerintahan