JOGJA – Menyusul dana desa, pemerintah mulai 2019 ini mengalokasikan dana untuk kelurahan yang mulai disalurkan Maret. Kota Jogja mendapatkan alokasi Rp 15,8 miliar sehingga 45 kelurahan masing masing akan menerima Rp 352 juta pada tahun anggaran 2019 ini.

”Adanya dana kelurahan ini diharapkan bisa menjadi sarana bagi warga untuk pemberdayaan masyarakat dan pembangunan sarana prasarana di wilayah masing-masing,” ujar Ketua Komisi A DRPD DIJ Eko Suwanto dari Fraksi PDI Perjuangan saat berdialog bersama warga RT 10/RW 2 Tahunan, Umbulharjo, Jogja.

Dia menjelaskan, dana ini disalurkan oleh pemerintah Joko Widodo setelah mendengarkan aspirasi masyarakat. Dana bisa dimanfaatkan untuk program pemberdayaan masyarakat serta pembangunan sarana prasarana yang telah diusulkan dari bawah.

”PP 17/2018 dan Permendagri 130/2018 telah diterbitkan sebagai payung hukum. Alhamdulillah secara nasional jumlahnya Rp 3 triliun dan di antaranya untuk Kota Jogja, selain itu juga kelurahan Wates, Kulonprogo senilai Rp 352 juta,” kata politikus PDIP Eko Suwanto yang maju kembali sebagai Caleg DPRD DIJ dapil Kota Jogja ini.

Alokasi dana kelurahan ini ke depan diharapkan bisa memberikan pembangunan fasilitas publik dan program pemberdayan yang dibutuhkan oleh warga di perkotaan.

”Jogja mendapatkan alokasi dana kelurahan sesuai keputusan pemerintah. Mendagri sudah menandatangani kebijakan alokasi dana kelurahan, peraturan berkait ini baik juklak dan juknis sedang disusun.  RT, RW dan LPMK yang ada silakan segera merespons untuk menyerap dan mengawal dana kelurahan ini,” kata Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIJ ini.

Di dalam forum pertemuan rutin ini,  warga RT 10 Tahunan melakukan rembug dan jaring aspirasi warga dengan mendengarkan seluruh harapan dari tiap masing-masing warga.

Bambang Guntolo, Ketua RT 10 Tahunan Umbulharjo menyatakan, forum rutin pertemuan warga ini jadi ajang untuk mempererat kerukunan di lingkungan.  ”Ini awal tahun, kami berikan kesempatan warga untuk salurkan aspirasi dan harapan.  Soal dana kelurahan berharap bisa bermanfaat sesuai aspirasi warga,” katanya. (ila)

Pemerintahan