BANTUL – PT Jasa Raharja (Persero) semakin gencar menggelar sosialisasi manfaat Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Angkutan Jalan (SWDKLLJ) kepada masyarakat. Di Bantul, sosialisasi SWDKLLJ dan santunan kecelakaan lalu lintas disampaikan bersamaan acara pembekalan petugas pendataan dan penagihan pajak kendaraan bermotor Kamis (8/3).

Di acara yang digelar di Gedung Induk lantai 3 Setda Bantul tersebut Penanggungjawab Jasa Raharja Samsat Bantul Galih Tanugraha Saputra S.Psi mengatakan, setiap tahun sekali pemilik kendaraan wajib membayar pajak. Selain pajak, mereka juga menyetor iuran SWDKLLJ yang dikelola oleh PT Jasa Raharja. Dana itu digunakan untuk menyantuni masyarakat yang mengalami musibah kecelakaan lalu lintas di jalan raya. “Jadi setiap korban kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan bermotor berhak mendapatkan santunan dari PT Jasa Raharja,” ujarnya.

Nilai santunan yang ditetapkan pemerintah meliputi, korban luka-luka maksimal Rp 20 juta untuk biaya perawatan. Sedangkan keluarga korban meninggal dunia berhak mendapat santunan hingga Rp 50 juta.

“Selain itu ada dana P3K dan biaya ambulans dari tempat kejadian kecelakaan menuju pusat medis seperti puskesmas atau rumah sakit,” jelas alumnus Jurusan Psikologi Universitas Islam Bandung ini.

Galih mengimbau kepada para pemilik kendaraan bermotor taat membayar pajak tahunan. Ini mengingat pentingnya fungsi SWDKLLJ.

Sekda Bantul Riyantono mengatakan, perolehan pajak kendaraan bermotor juga dimanfaatkan untuk pembangunan infrastuktur dan pemberdayaan masyarakat. Karena itu, Toni, sapaan akrab Riyantono, meminta para petugas pendataan dan penagihan pajak kendaraan bermotor di wilayah Bantul aktif dan serius menjalankan tugas masing-masing. Agar tunggakan pajak kendaraan bermotor tidak tinggi. “Ini menjadi tugas kita semua untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya taat membayar pajak kendaraan,” tutur Toni.

Adapun hadir di acara tersebut sebagai pemateri Kepala Bidang Anggaran Pendapatan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset DIJ Gamal Suwantoro dan Kepala KPPD Samsat Bantul E. Rully Marsianti SH MEC DEV, serta sekretaris camat se-Bantul. (mar/yog/mg1)

Pemerintahan