PANTAI Kuaru merupakan salah satu pantai yang berada di wilayah di kuaru Poncosari Kepawon srandakan, kabupaten Bantul. Meski pantai ini tidak seramai pantai laiinya, dan sempat sepi akibat pandemi covid-19 yang merugikan semua penjuru di dunia. tetapi pada bulan ini mengalami peningktan pengunjung yang bisa di bilang lumayan.

Hal itu terbukti pada, sabtu (21/5) sepanjang jalan dan pantai di penuhi pengunjung, kebanyakan wisatawan itu berkunjung untuk bersepeda dan melihat kapal (nelayan) di pantai kuaru.

Mereka ke pantai alasan terbanyaknya wisatawan untuk melihat nelayan yang mau mencari ikan di laut maupun sekedar duduk-duduk menikmati keindahan laut yang indah.

Jumlah wisatawan saat ini di pantai kuaru sekitar 3ribuan, kata marista orang yang tinggal di dekat pantai kuaru dia juga berkata kalua di kuaru banyak sekali orang-orag yang bersepedaan di sekitaran patai.

Jumlah tersebut memang tidak seramai saat sebelum terdampak covid-19, saat sebelum terdampak itu, wisatawan di pantai kuaru mencapai sekitar 5ribuan.

Sekarang kunjungan di pantai kuaru sudah mulai menigkat dan bangkit dari sebelum masa pandei, dimana menigkaatnya pengunjung pantai dapat mingkatkan atau memberi manfaat bagi warga sekitar yang berjualan di pantai kuaru.

Paling rame di pantai kuaru ini wisatawan berkunjung sekitar jam 4 pagi sampai 8 pagi karena mereka ingin melihat para nelayan yang mencari ikan di laut.

Salah seorang penjual di pantai kuaru Marsinah mengatakan, ia sangat bersukur karena pengunjung pantai mulai menigkat dibandingkan saat kemaren terdampak pandemi covid-19. “ Pengunjung wisata yang datang ke pantai kuaru  kebanyakan memakai sepeda goes untuk berkunjung,”katanya. ( */sky)

*Penulis merupakan mahasiswa Mata kuliah Manajemen Operasional, Dosen Ingatius Soni Kurniawan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Opini